Wamenag RI Dukung Inovasi UIN Sunan Kalijaga dalam Ajang OASE PTKI II

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Republik Indonesia, Dr. Zainut Tauhid Sa'adi, mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.secara resmi membuka Ekspo Produk Karya Inovasi Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) II tahun 2023 di GOR Student Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Rabu (14/6/2023).

Dalam Ekspo Karya Inovasi OASE PTKI II kali ini, terdapat total 100 stand dari berbagai PTKI yang menampilkan beragam bidang keilmuan, mulai dari ilmu keagamaan hingga sains. Para mahasiswa dan pengunjung ekspo dapat melihat dan mempelajari hasil-hasil inovatif yang telah dihasilkan oleh para peserta. Peserta Ekspo Karya Inovasi ini merupakan PTKI yang telah melalui babak penyisihan daring pada tanggal 22-26 Mei sebelumnya.

Dalam sambutannya, Wamenag Dr. Zainut Tauhid Sa'adi mengungkapkan bahwa OASE merupakan kompetisi bergengsi yang menjadi penyemangat bagi mahasiswa dalam melakukan riset dan terapan ilmu di berbagai bidang. Beliau berharap kegiatan ini dapat memotivasi mahasiswa dan perguruan tinggi, khususnya PTKI, untuk meraih prestasi di tingkat nasional dan internasional. Wamenag juga menekankan pentingnya berkompetisi secara sehat dengan mengandalkan basis keilmuan yang kuat serta nilai-nilai agama, sains, dan riset.

"Saya harapkan para peserta dapat berkompetisi secara sehat, mengandalkan basis keilmuannya baik pada nilai-nilai agama, sains maupun riset," ujarnya usai memotong pita tanda dibukanya Ekspo Karya Inovasi OASE PTKI II 2023.

Wamenag juga memberikan apresiasi kepada UIN Sunan Kalijaga yang turut berpartisipasi dalam acara ini dengan menampilkan 8 stand yang menghadirkan karya-karya inovatif dalam berbagai kategori. Stand-stand tersebut mencakup bidang seperti Robotic dan Pemrograman, Nano Teknologi dan Kesehatan, Iklim, Limbah, Lingkungan, dan Sumber Daya Terbarukan, Desain dan Arsitektur Islam, Literasi dan Inovasi Teknologi, Produk Halal dan Ketahanan Pangan, Sosial Keagamaan, dan Business Plan. Keikutsertaan UIN Sunan Kalijaga dalam OASE PTKI II menunjukkan komitmen mereka dalam mendukung kesuksesan acara ini dan memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan berbagai bidang ilmu, khususnya dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).

(Ihza/Doni/Alfan)