Rektor UIN Suka Dukung Inisiasi FCP Bantuan Pemerintah Itjen Kemenag

Rektor UIN Suka Dukung Inisiasi FCP Bantuan Pemerintah Itjen Kemenag

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. H. Al Makin, menyambut baik program fraud control plan (FCP) yang diinisiasi oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama (Kemenag).

“Saya merasa sangat senang untuk mendukung program FCP pada bantuan pemerintah yang diinisiasi oleh Inspektorat Investigasi Itjen Kemenag. Langkah ini merupakan tindakan preventif untuk tidak melakukan kesalahan dalam menjalankan program,” terangnya saat menerima kunjungan Tim Sosialiasi FCP Itjen Kemenag di Rektorat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jumat, 29/09/2023.

“FCP ini dapat mengawal tindakan kita agar bantuan pemerintah yang disalurkan di UIN Sunan Kalijaga dalam bentuk beasiswa, penelitian maupun program lainnya dapat berjalan dengan baik, rapi, tidak melanggar hukum hukum dan administrasi.” lanjutnya.

“Program ini sangat bermanfaat untuk memastikan bahwa program yang baik juga dijalankan dengan baik” ungkap Prof. Al Makin.

Sosialisasi program FCP dipandu Satuan Pengawas Internal (SPI) UIN Sunan Kalijaga, diikuti sejumlah pejabat struktural dan Tenaga Kependidikan yang bertugas di Pusat Administrasi Universitas (PAU) UIN Sunan Kalijaga. Mengawali pelaksanaan program ini, direncanakan selama sepekan ke depan, Itjen Kemenag akan melakukan pendampingan pada bagian bagian yang menangani penyaluran bantuan pemerintah dalam bentuk beasiswa, penelitian, maupun program lainnya di kampus UIN Sunan Kalijaga.

Sementara itu, Pengendali Teknis Itjen Kemenag, Abdurrahman Saputra mengungkapkan bahwa FCP ini bukanlah instrumen baru, tidak mengubah produk yang sudah ada. "Dengan adanya FCP persiapan untuk mengawal ZI WBK WBBM dapat lebih dioptimalkan" ujarnya.

Ketua Tim, Ratna Cahyaning Tyas menambahkan bahwa dalam FCP terdapat 10 atribut yang merupakan bagian dari pencegahan fraud pada bantuan pemerintah. "Hal ini untuk memastikan bahwa implementasi FCP sudah terdokumentasi dalam rencana aksi" tandasnya. (tim Humas)