Rektor UIN Sunan Kalijaga Melantik Kepengurusan UKM dan ORMAWA Masa Bakti 2024

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. H. Al Makin melantik kepengurusan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Organisasi Permadani Bidikmisi, dan Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) masa bakti 2024. Prosesi pelantikan dilaksanakan di Gedung Prof. Soenarjo, S.H., 31/1/2024. Pelantikan Pengurus Organisasi Kemahasiswaan didasarkan pada SK. Rektor Nomor : 21.2 tahun 2024, tanggal 30 Januari 2024. Sementara pelantikan Pengurus Organisasi Permadani Bidikmisi didasarkan SK. Rektor Nomor : 21.3 tahun 2024, tanggal 30 Januari 2024.

Susunan Kepengurusan yang dilantik antara lain: Senat Mahasiswa Universitas, Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas, UKM Olahraga, UKM CEPEDI, UKM INKAI, UKM Taekwondo, UKM PSM Gita Savana, UKM ORkes Gambus Al-Jami’ah, UKM Teater Eska, UKM JCM, UKM JQH Al-Mizan, UKM Kordiska, UKM SPBA, UKM Kopma, UKM ARENA, UKM MENWA, UKM Pramuka, UKM KSR PMI, UKM Mapalaska, UKM EXACT, UKM PIK-M Lingkar Seroja, UKM Kalimasada, Permadani Bidik Misi.

Mengawali prosesi pelantikan, Kepala Biro, Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (AAKK), Ir. Sunarini, M. Com membacakan SK. Pelantikan. Dalam prosesi pelantikan, usai Rektor melantik, dilanjutkan seluruh pengurus yang dilantik mengucapkan sumpah dan Pakta Integritas.

Sementara itu dalam sambutan usai melantik, Wakil Rektor 3, bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, Dr. Abdur Rozaki menyampaikan arahannya. Mengawali arahannya, Dr. Abdur Rozaki menyampaikan apresiasinya, karena seluruh pengurus baru dan pengurus lama bias menghadiri prosesi pelantikan. “ini adalah awal yang baik untuk melakukan hubungan baik antara pimpinan universitas dengan kepengurusan organisasi kemahasiswaan.,” ujarnya. Usai pelantikan Dr. Abdur Rozaki juga berharap kepengurusan yang baru dapat melakukan komunikasi yang inten dengan institusi, giat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang kreatif, serta membawa nama harus universitas dalam setiap kesempatan. Dr. Abdur Rozaki juga berharap kepengurusan giat mengajak seluruh anggotanya untuk gigih mengasah passion di bidangnya masing masih, rajin berkompetisi di luar kampus agar menjadi awal yang baik untuk meniti karir yang bagus, serta bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan Negara.

Rektor UIN Sunan kalijaga, Prof. H. Al Makin menambahkan, pihaknya telah merasakan hubungan yang baik dengan kepengurusan 2023, baik SEMA, DEMA, maupun UKM. Disampaikan kepengurusan 2023 dan kepengurusan yang baru (2024) yang telah beberapa saat berkomunikasi dengan pimpinan, sudah dapat diteladani. Menurut Rektor, mereka dapat melakukan komunikasi yang efektif. Mereka dapat menjalin hubungan yang nyaman. Jika ada sesuatu hal, dapat mengkomunikasikan dengan rapi, sistematis, mudah dipahami dan lancar, wajar dan menyamankan. Itu semua perlu terus dipertahankan, kata Prof. Al Makin.

Dikatakan, Kepemimpinan membutuhkan cara berkomunikasi yang baik, yang persuasif dan etis. Organisasi harus banyak bekajar berkomunikasi yang paling efektif dengan rektorat, pimpinan, lembaga -lembaga, komunikasi efektif yang dapat menghasilkan ekpektasi di luar pemikiran. Organisasi kemahasiswaan harus memahami bahwa saat ini semua sedang prihatin untuk melahirkan pemimpin yang komunikatif seperti Barak Obama atau Nelson Mandela. Dua duanya menguasai leadership yang luar biasa, tetapi belum dicontoh di Indonesia.

Oleh karenanya Rektor berharap, Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dapat mempelajari cara berkomunikasi para pemimpin. Hal ini dapat juga dipelajari dari arena Debat Presiden dan Wakil Presiden. Arena itu bisa untuk sarana menilai siapa pemimpin yang komunikasinya baik, yang tenang, dan menenteramkan. Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga juga diharapkan dapat memperbaiki terus menerus tentang kepemimpinan. Jangan seperti ungkapan ini “ Kita lebih sering ketakutan bayangan imajinasi dari pada kenyataan. Kita lebih sering ketakutan bayangan kita sendiri dari pada kenyataan disakiti orang lain,” ungkap Rektor.

“Penting juga skill kolaborasi dalam kepemimpinan. Sukses bukan hanya dilahirkan dari kecerdasan, tetapi adalah kepiawaian berkolaborasi, dan bekerja-sama,” demikian imbuh Prof. Al Makin.

Mewakili para Wakil Rektor 3, bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, Dr. Sujadi menyampaikan agara kepengurusan yang baru segera membuat program-program kerja yang baik dan inten berkomunikasi dengan pimpinan. (tim humas)