Program Studi Magister BSA UIN Sunan Kalijaga Melaksanakan Program International Field Study dengan Dua Universitas Malaysia

Fakultas Adab dan Ilmu Budaya menyambut tamu program International Field Study dari Universiti Islam Selangor (UIS) dan Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) Malaysia. Acara penyambutan ini dimotori oleh Program Studi Magister BSA pada hari Senin, tanggal 26 Februari 2024, pukul 08:00-12:00 WIB yang bertempat di ruang Rapat Fakultas. Turut hadir Bapak Dekan FADIB, para Wakil Dekan, dan para dosen FADIB untuk menyambut para tamu dari UIS dan USIM Malaysia yakni Dr. Ghazali Bin Zainuddin, Dr. Mohd Zaki Bin Ahmad, dan Dr. Rosilawati Binti Ramlan, dan 8 mahasiswa. Delegasi Malaysia ini akan menjalani kegiatan International Field Study di Prodi Magister BSA FADIB UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dari tanggal 24 Februari - 3 Maret 2024.

Pada acara ini, turut memberi sambutan oleh Ibu Kaprodi Magister BSA Dr. Tatik Mariyatut Tasnimah, M.Ag., sambutan kedua dari Bapak WD III FADIB Dr. Sujadi, M.A. dan Sambutan dari Bapak Dekan Prof. Dr. Muhammad Wildan, M.A. Pihak UIS dan USIM Malaysia ini datang ke FADIB UIN Sunan Kalijaga merupakan kunjungan balik program International Field Study untuk Prodi Magister BSA yang telah dating lebih dahulu ke UIS Malaysia pada bulan September 2023 silam. Ibu Kaprodi Magister BSA menyampaikan bahwa “Kami sangat senang atas datangnya tamu internasional untuk implementasi Kerjasama yang sudah ditandatangani sejak Maret 2023 silam. Semoga program International Field Study ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kami (FADIB) dan UIS-USIM Malaysia. Bagi Dosen UIS dan USIM dapat menjadi dosen tamu untuk di mahasiswa Prodi BSA dan MBSA, dan untuk mahasiswa UIS-USIM dapat mengikuti perkuliahan di FADIB UIN Sunan Kalijaga.

Dekan FADIB Prof. Dr. Muhammad Wildan, M.A. dalam sambutannya menyampaikan “Fakultas kami merupakan salah satu fakultas tertua di UIN Sunan Kalijaga yang concerned dalam kajian bahasa dan budaya dan memiliki 6 Prodi. Semoga delegasi daripada UIS dan USIM Malaysia ini bisa maksimal selama kegiatan International Field Study,” ucapnya. Setelah acara penyambutan delegasi UIS-USIM ini selesai, selanjutnya Bapak Dekan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya menandatangai LoI (Letter of Intens) dengan Fakulti Pengkajian Bahasa Utama USIM Malaysia. Semoga kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat untuk kita semua, terutama kerjasama internasional ini mampu juga dapat terus berlanjut untuk kedepannya. (Andi Holilulloh)