Perkuat Kerja sama melalui pemahaman antar budaya: Study Service Term Program Goshen College Amerika Serikat di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Gedung Multi Purpose (MP) UIN Sunan Kalijaga tampak lain dari biasanya. Sejumlah mahasiswa asing tampak sedang berlatih pencak silat dengan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga anggota UKM Pencak silat. Di salah satu sudut, beberapa mahasiswa UIN sedang mengajari mahasiswa asing menulis kaligrafi. Sayup-sayup terdengar suara gamelan yang ditimpali suara gelak tawa para mahasiswa yang salah memukul instrument. Keceriaan dan kegembiraan terpancar di Gedung MP di siang yang panas itu. Ada apakah?

Senin 19 Februari 2024 adalah hari terakhir dari rangkaian program Study Service Term (SST) Goshen College, Amerika Serikat di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Program SST Goshen College di UIN Sunan Kalijaga adalah salah satu implementasi kerja sama internasional antara Goshen College Amerika Serikat dengan UIN Sunan Kalijaga. Perjanjian kerja samanya telah ditandatangani pada tahun 2020, namun pelaksanaan program dilakukan pada tahun 2024 karena berbagai tantangan seperti pandemic Covid 19. Dua belas mahasiswa program S1 Goshen College berkesempatan untuk belajar dengan Islam dan Indonesia di UIN Sunan Kalijaga selama tiga minggu, mulai tanggal 5-19 Februari 2024. Dalam kesempatan ini, para mahasiswa Goshen College belajar tentang kehidupan keseharian Muslim di Indonesia, termasuk budaya dan kebiasaannya. Materi belajar disampaikan oleh beberapa Dosen UIN Sunan Kalijaga di Fakultas Dakwah Komunikasi (FDK) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM)

Dalam sambutan penutupan, Dr. Abdur Rozaki selaku Wakil Rektor 3, Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini dan berterima kasih atas kepercayaan untuk belajar budaya ke-Islaman di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dr. Rozaki berharap semoga proses belajar dan menikmati banyak hal di Yogyakarta memperkuat pemahaman antar budaya antara Goshen College dan UIN Sunan Kalijaga. Atas nama UIN Sunan Kalijaga, Dr. Rozaki memohon maaf atas kesalahan dan ketidaknyamanan dalam memberi pelayanan kepada para mahasiswa dan Dosen Goshen College. Terakhir, beliau berharap agar kegiatan ini berkelanjutan di masa datang dengan format dan persiapan yang lebih matang.

Menanggapi sambutan Dr. Rozaki, coordinator kegiatan SST, Susan Miller Setiawan menyampaikan terima kasih yang sangat besar kepada UIN Sunan Kalijaga dan tim yang telah mempersiapkan dan memberikan sambutan yang sangat hangat pada para mahasiswa Goshen College. Susan menyatakan bahwa sebagai program tahunan, potensi keberlanjutan program SST di UIN Sunan Kalijaga sangat terbuka. Tidak hanya itu, peluang Kerja sama dalam bentuk lain juga perlu dieksplorasi dan diimplementasikan di masa datang.

Kegiatan SST Program Goshen College di kampus UIN Sunan Kalijaga dilanjutkan dengan kegiatan anjangsana ke Vihara, di kompleks Candi Mendut, diantar oleh Ketua LPPM UIN Sunan Kalijaga, Dr. Muhrisun, 21/2/2024. Selain sebagai destinasi wisata yang sudah mendunia, Vihara memegang peran penting bagi para pemeluk agama Budha. Vihara ini biasanya menjadi tempat pertemuan bernuansa keagamaan untuk melakukan pembelajaran atau berkumpulnya para Biksu dan Biksuni. Di sinilah para mahasiswa internasional dikenalkan tentang moderasi beragama, bertemu dengan para Biksu dan Biksuni, pengurus Vihara, dan belajar tentang nilai nilai Budhisme yang sejalan dengan moderasi beragama. Kegiatan SST Program Goshen College diakhiri dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN), dimana para mahasiswa Goshen College akan diberangkatkan untuk belajar kehidupan, budaya nusantara masyarakat setempat, di 6 wilayah, yakni; Semarang, Ungaran, Bawen, Salatiga, Kupang, dan Sumba. Dr. Muhrisun memberikan arahan dan pembekalan tentang program –program kerja yang bias dilakukan oleh para mahasiswa internasional ini sembari belajar banyak hal di Indonesia. (Asd/Humas)