Civitas Akademika UIN Sunan Kalijaga Peringati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73, Kemerdekaan, Energi Utama Bangsa Indonesia Untuk Berprestasi

Segenap Civitas Akademika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menyelenggarakan upacara bendera, bertempat di halaman gedung Prof. Saifuddin Zuhri, Jum’at, 17/7/18. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D.

Pada upacara peringatan HUT RI kali ini, sejumlah 62 orang tenaga kependidikan dan dosen menerima penghargaan Satyalencana Karya Satya dari Presiden RI Joko Widodo, yang disematkan oleh Rektor dan para Wakil Rektor, didampingi ketua dan para anggota senat universitas. Pegawai dan dosen tersebut dengan rincian: 4 orang menerima anugerah Satyalencana karya satya 30 tahun,17 orang menerima anugerah Satyalencana karya satya 20 tahun dan 41 orang penerima anugerah Satyalencana karya satya 10 tahun.

Ke 62 orang tersebut menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 47/TK/ Tahun 2018. Penghargaan ini diberikan kepada dosen dan pegawai yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD ’45, negara dan pemerintah serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan dan disiplin secara terus menerus paling singkat 10 tahun, 20 tahun atau 30 tahun.

Prof. Yudian Wahyudi, selaku inspektur upacara dalam sambutannya, membacakan sambutan presiden RI antara lain menyampaikan, kemerdekaan Indonesia yang telah diproklamirkan oleh Soekarno-Hatta merupakan Rahmat Allah SWT yang harus selalu disyukuri oleh segenap Bangsa Indonesia. Momentum peringatan proklamasi kemerdekaan RI, yang kali ini mengangkat tema “Kerja Kita, Prestasi Bangsa,” hendaknya bisa dimaknai sebagai Energi Indonesia untuk meraih prestasi di tingkat Asia bahkan Dunia.

Yudian menambahkan dalam waktu dekat momentum proklamasi diharapkan bisa melahirkan potensi inner energy untuk meraih prestasi 10 besar di ajang ASEAN Game dan dalam rangka Pilpres 2019 dapat memilih para pemimpin bangsa yang terbaik menuju Indonesia yang lebih baik dari para kader bangsa dengan kualitas kenegarawanan yang utuh. Melalui momentum proklamasi kemerdekaan Rektor Prof. Yudian Wahyudi mengajak, untuk memupuk energi bangsa ini menjadi energi positif bangsa dan sebagai wahana menuju kehidupan berbangsa dan bermasyarakat yang lebih sejahtera dan berkeadilan, guyub-rukun, aman-damai, demikian harap Prof. Yudian Wahyudi. (Tim Humas)