589 Calon CPNS Dosen UIN Sunan Kalijaga Ikuti SKD

UIN Sunan Kalijaga sudah memastikan ada 589 peserta yang lolos seleksi administrasi dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Tahap berikutnya mereka akan melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada 12-13 November 2018 di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dengan kepastian jadwal seleksi masing-masing dapat dilihat pelamar dalam website UIN Sunan Kalijaga.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 637 Tahun 2018 tentang penetapan instansi yang menggunakan sistem CAT BKN dan CAT UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), pelaksanaan seleksi CPNS dengan CAT (Computer Assisted Test).

UIN Sunan Kalijaga mendapat 192 formasi dari jatah lowongan 17.175 yang disediakan Kementerian Agama. Jumlah tersebut dialokasikan untuk CPNS dosen Islamic studies 36 orang, social sciennces 110 orang, experimental sciences 43 orang dan tenaga fiungsional 3 orang.

Panitia CPNS UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bersama BKN Yogyakarta menyiapkan sekitar 400 lebih komputer untuk ujian CAT. Bagi pelamar untuk mempersiapkan persyaratan yang harus dibawa saat ujian. Untuk mengikuti CAT peserta hanya diperbolehkan membawaa kartu ujian tes SKD lewat situs sscn.bkn.go.id dan kartu tanda identitas yang masih berlaku.

Bagi peserta yang mempunyai riwayat penyakit atau kondisi kesehatan terganggu Panitia menyiapkan tim medis untuk melaksanakan pelayanan. Selain itu mereka juga harus menjaga stamina dan kesehatan ketika akan melaksanakan tes, karena peserta diharuskan datang dua jam sebelum pelaksanaan CAT untuk registrasi.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D.,mengatakan, kuota CPNS UIN Sunan Kalijaga tahun 2018 meningkat cukup signifikan dibandingkan tahun 2017. Sebab tahun lalu hanya mendapatkan kuota 20 formasi. Sedangkan tahun ini 192 formasi.

Banyaknya peneriman CPNS dosen tersebut, sejalan dengan visi UIN Suka sebagai Universitas Islam yang ingin terus mengembangkan sayap akademiknya. “Untuk itu akan mengembangkan dan membuka beberapa fakultas. Yaitu Fakultas Kelautan (Kemaritiman), Kedokteran dan Teknik,” kata Yudian soal penerimaan CPNS Dosen UIN Suka di kampus setempat. (Khabib)