Kalijaga Job Fair 2018 Sediakan Ribuan Lowongan Kerja Bagi Jobseeker Di Jogja Dan Jawa

Pemerintah Indonesia terus berupaya menunaikan tugas konstitusi untuk memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah dengan membuka peluang akses ketenagakerjaan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Yogyakarta, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Provinsi Yogyakarta pada Agustus 2018 sebesar 3,35 persen, mengalami peningkatan 0,32 persen poin dibanding TPT Agustus 2017 sebesar 3,02 persen.

Melihat masalah ini, Center for Entrepreneurship and Career Development (CENDI), UIN Sunan Kalijaga menggelar acara Kalijaga Job Fair (KJF) 2018 untuk yang kedua kalinya. Pusat kewirausahaan dan karir univeristas ini, sebelumnya pernah menyelenggrakan KJF 2017. Pada tahun lalu, acara ini menyediakan ratusan lowongan kerja yang dihadiri oleh ribuan pencari kerja.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA, Ph.D penambahan soft dan hard skill oleh mahasiswa perlu untuk bekal di dunia kerja. Kemampuan dan keterampilan ini menjadi keharusan bagi lulusan dari institusi agama jika ingin mendapat pekerjaan umum. “ Makanya sekarang ini sudah dijembatani dengan konversi IAIN ke UIN” kata Yudian saat membuka job fair.

Yudian berharap agar alumni harus belajar idealis dan realistis, dan bersifat teoritis serta praksis. Karena kita harus melihat fakta di dunia kerja saat ini, banyak ilmu yang harus dipelajari untuk mencapai masa depan yang lebih baik. Alumni bisa menunjukkan kualitas dan prestasi baik tingkat nasional atau internasional.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. H. Waryono, M.Ag. mengatakan kegiatan ini punya nilai strtegis untuk institusi perguruan tinggi dan sivitas akademik. Bagaimana untuk terus meningkatkan kompetisi kita untuk punya daya saing yang tinggi. Dan alhamdulillah job fair ini bisa rutin digelar, karena ini kebutuhan mahasiswa untuk dilayani dan agar masa depan mereka cerah.

“CENDI sebagai bagian dari institusi pendidikan negeri merasa perlu untuk terlibat. Kami ingin melakukan upaya dalam rangka meminimalisir jumlah angka pengangguran melalui Kalijaga Job Fair yang akan kami selenggarakan. Kegiatan ini diikuti oleh 20 perusaahaan dengan 1800 formasi lowongan kerja” terang Ahmad Salehudin, Direktur CENDI.

KJF 2018 diselenggarakan selama dua hari pada Rabu-Kamis, 21-22 November 2018, di Gedung Prof. HM. Amin Abdullah (MultiPurpose), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Bursa kerja yang dibuka mulai dari jam 09.00-16.00 WIB ini, diikuti perusahaan yang ada di DIY maupun luar daerah seperti PT. Ungaran Sari Garment, PT. Duta Lestari Sentratama, PT. Permata Indo Sejahtera, PT. Mirota Nayan,PT. Danliris, PT. Rifan Financindo, PT. Victory International Futures, PT Telmark Indonesia, Bank Syariah Mandiri, BPR Profidana, PT. Mataram Tunggal Garment, Bina Artha Ventura, PT. VADS Indonesia, PT. Stanford Teknologi Indonesia, Pharos Yogyakarta, PT. AOS, Astra, PT. Pilar Prima Nusantara, CV. Learning Indonesia, PT Jalur Mandiri Utama .

“Kami membuka KJF 2018 ini gratis untuk masyarakat umum. Siapa saja boleh datang dan mencoba menemukan pekerjaan di acara kami. Syaratnya, sebelum datang silahkan melakukan registrasi terlebih dahulu di link http://bit.ly/KJF2018. Lalu pada hari H silahkan hadir untuk melakukan registrasi ulang. Tak lupa semua pengunjung hadir dengan berpakaian rapi dan membawa berkas-berkas yang diperlukan untuk melamar pekerjaan.” jelas Khoerul Anwar, Ketua Panitia Kalijaga Job Fair 2018.

Tidak hanya job fair saja, CENDI juga mengadakan rangkaian acara lainnya yaitu Lecture Series, Bimbingan Karir, dan Seminar Karir. Lecture Series dan Bimbingan Karir akan dilaksanakan pada hari pertama yakni Rabu, 21 November 2018 di lokasi yang sama dengan job fair. Lecture Series akan diisi oleh Sugana, CEO Taskertas.net dengan tema “Young Entrepreneurs di Era Web 4.0”.

Sedangkan Bimbingan Karir akan diisi oleh Ahmad Salehudin (Direktur CENDI), Andung Prihadi Sentosa (Kadis Disnakertrans DIY), dan Abdul Ghozali (Bank Syariah Mandiri) dengan tema “Tantangan dan Perubahan Sistem Ketenagakerjaan di Era Disrupsi dan Dunia Industri di Era Milenial”. Bimbingan ini sebagai panduan strategis menghadapi dunia kerja.

Pada hari kedua akan ada Seminar Karir yang dengan menghadirkan dua pembicara Rosita Endang Kusmaryani (Pusat Karir UNY) dan Kwartono Agus Rachmadi (Pimpinan BPD DIY). Untuk mengikuti seminar, calon peserta dapat mendaftar di http://bit.ly/SeminarKarirCendi. Informasi lebih lanjut megenai ketiga rangkaian acara KJF 2018 bisa diikuti melalui media sosial Instagram @Cendiuinsuka. (Khabib/humas)