UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Terima Penghargaan sebagai Lembaga Publik Berbahasa Indonesia Terbaik

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menerima penghargaan sebagai lembaga publik berbahasa Indonesia terbaik perguruan tinggi. Penghargaan diterima dari Balai Bahasa DIY sebagai Unit Pelayanan terpadu(UPT) Badan pengembangan dan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penghargaan disampaikan Kepala Balai Bahasa DIY, Drs. Pardi Suratno, M. Hum., didampingi Suhana, S.Pd., (kepala Tata Usaha Balai bahasa), Mulyanto, M. Hum., (ketua panitia pemberian penghargaan), Sigit Arba’i, S.Pd., (sekretaris), diterima oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D., didampingi para wakil Rektor, Prof. Sutrisno, Dr. Sahiron, Dr. Waryono, dan Kepala Biro AUK, Drs. H. Handarlin H. Umar, di ruang kerja rektor, kampus setempat, Kamis, 20/12/18.

Kepala Balai Bahasa DIY usai menyerahkan penghargaan menyampaikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Balai Bahasa memberikan penghargaan Bahasa dan Sastratama Prayojana tahun 2018. Penghargaan diberikan dalam beberapa kategori, yakni: tokoh publik, lembaga publik, media komunikasi dan informasi instansi dengan penggunaan bahasa Indonesia terbaik, buku berbahasa jawa, buku sastra serius, dan buku sastra populer. UIN Sunan Kalijaga menerima penghargaan dalam katerogi lembaga publik yang menggunakan bahasa Indonesia terbaik setelah melalui penilaian penggunaan bahasa Indonesia dari produk-produk informasi dan publikasi, serta produk akademik seperti jurnal ilmiah, buku wisuda, tata persuratan, penerbitan kampus, spanduk, baleho, web, medsos dan lain-lain.

Tim penilai terdiri dari; Drs. Eddy Herry Swasono, M.Pd, dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Dr. Cahyaningrum Dewajati, dari Fakultas Ilmu Budaya UGM, Dra. Wiwin Erni Siti Nurlina, M. Hum, dari Balai Bahasa DIY. UIN Sunan Kalijaga berhasil mengungguli dua nomine yang lain, yakni; UGM dan UNY.

Menurut Pardi, melalui tema Prayojana diharapkan bangsa Indonesia lebih menghargai dan bangga terhadap bahasa Indonesia dan terus menggali potensi penggunaan bahasa Indonesia yang baik di semua bidang. Prof. Yudian Wahyudi mengharapkan penghargaan ini menjadi pelecut untuk terus menerapkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di kampus ini, karena penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sangat mendukung terhadap upaya membangun citra UIN Sunan Kalijaga baik di tingkat nasional maupun global. (Weni/Doni)