Tingkatkan Sistem Administrasi dan Publikasi Umum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Benchmarking Universitas Sriwijaya dan UIN Raden Fatah Palembang.

Kualitas pelayanan bagian admnistrasi dan publikasi umum di kampus perlu ditingkatkan untuk menunjang kegiatan akademik dan promosi bagi universitas. Hal ini mendorong UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan benchmarking ke Universitas Sriwijaya dan UIN Raden Fatah Palembang, Kamis-Jum’at (7-8) kemarin.

Delegasi UIN Sunan Kalijaga yang dipimpin oleh Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan Drs. H. Handarlin H. Umar ketika bertandang ke Universitas Sriwijaya Palembang Sumatera Selatan diterima langsung oleh Wakil Rektor Bidang Umum, Kepegawaian dan Keuangan UNSRI, Mukhtaruddin SE MSi Ak CA didampingi Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM), Dra Elfiani Tiodora Marbun MSi beserta jajarannya.

Dalam sambutannya Mukhtaruddin menyampaikan ada beberapa aplikasi menggunakan teknologi informasi yang bisa membantu tata kelola persuratan dan kearsipan atau dokumentasi di Universitas Sriwijaya diantaranya softwere Sistem Informasi Inventarisasi (SITARI) Barang Milik Negara, Sistem Pencatatan Aset dan Informasi No BMM (SIANIS), Sistem Penomoran Surat (SINORA), Sistem Informasi Monitoring Dan Evaluasi (SIMONEV), dan Sistem Informasi Perencanaan dan Anggaran (SIRENA), dan Sistem Informasi Remunerasi Dosen dan Karyawan (SIDOKAR).

Selain itu Universitas Sriwijaya (UNSRI) meraih penghargaan terbaik I Pengelolaan LAPOR yaitu Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik di ajang Anugerah Humas dan LAPOR 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Handarlin H Umar melalui kunjungan ini berharap mendapat banyak pengalaman tentang tata kelola persuratan, kearsipan, dan kehumasan di Unsri yang nantinya bisa diterapkan di UIN Sunan Kalijaga. Pada kesempatan itu Handarlin juga bermaksud mengundang pihak UNSRI datang ke UIN Sunan Kalijaga untuk menjadi narasumber mengenai aplikasi yang ada di UNSRI.

Sementara ketika berkunjung ke UIN Raden Fatah mendapat sambutan hangat dari Wakil Rektor II Dr. Zainal Berlian,MM.,DBA didampingi Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK) UIN Raden Fatah Palembang, Mirwan Pasta, S.Ag., M.Si, beserta Kepala Bagian di lingkungan UIN Raden Fatah.

Zainal Berlian menjelaskan pengembangan kampus UIN Raden Fatah akan berada di lokasi Jakabaring. Lahan tanah seluas 35 hektar untuk lokasi kampus merupakan hibah dari Gubernur Sumatera Selatan. Dengan bantuan Internasional Develop Bank (IDB) akan membangun 21 lokasi. “ Kita juga sudah menerapkan e-money dalam pembayaran transaksi menggunakan sistem billing keuangan” tutur Zainal Berlian.

Ketika berkunjung di UIN Raden Fatah Handarlin H Umar mengatakan kita hendaknya bisa menyerap ilmu sesuai tugas dan fungsi bagian kehumasan, perencanaan, tata persuratan dan kearsipan. Bahkan bagian receptionist atau penerima tamu kita bisa belajar ke semua kampus. “Kami merasa kurang karena untuk meningkatkan kinerja tidak ada bagian yang hebat, semua pihak harus bisa melengkapi satu sama lain agar kuat” tutur Handarlin. (Khabib-Humas)