UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Kembangkan Kerjasama Dengan IAIN Batusangkar

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Sumatera Barat sepakat untuk bekerjasama di berbagai bidang. Nota Kesepahaman antara kedua perguruan tinggi ditandatangani oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA.Ph.D dan Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA. di gedung Prof. KH. Saifuddin Zuhri UIN Sunan Kalijaga, Rabu (20/2) kemarin.

Kerja sama yang dilakukan dua kampus yang di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia ini dalam rangka pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kualitas sumber daya manusia sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam sambutannya Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA.Ph.D menyampaikan dunia ini membutuhkan khalifah yakni orang yang mampu mengelola khilaf dan ikhtilaf. Untuk menjadi khalifah perlu gelar akademik dan keahlian untuk ikut berkompetisi. “ Jika sudah punya nama-nama profesional ini bisa ikut menang-tanding sesuai aturan dan kesepakatan yang berlaku, untuk menentukan menjadi khalifah” kata Yudian.

Yudian menambahkan nama-nama profesional ini berasal dari membaca atau iqra’. Dengan mempunyai ilmu agama dan menjadi profesional di bidangnya akan diangkat derajatnya oleh Tuhan. “ Harapannya akan muncul ulama yang ahli bidang kedokteran, orang alim ahli metalurgi dan keahlian lain yang ada di bumi” tutur Yudian yang juga sebagai President of Asian Islamic Universities Association (AIUA).

“Kita menyambut baik kerjasama ini dan yakin dengan kekuatan Islam ini untuk membangun kedamaian umat di dunia. Oleh karena itu, nama-nama dalam kerja sama ini bisa dioptimalkan dalam berbagai bidang keahlian, mana yang diperlukan untuk kita bersama khususnya di Batusangkar. Dengan nama gelar itu bisa mencapai surga dan mengabdi ke negara atas dasar Pancasila” kata Yudian.

Sementara Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA. mengungkapkan terimakasih atas kesempatannya bisa bekerjasama, untuk meningkatkan potensi akademik dan bidang administrasi lain seperti penerimaan mahasiwa baru, pengelolaan mahasiswa asing, tracer studi alumni, akademik dan kearsipan. (Khabib-humas)