Kembangkan Riset Kolaboratif Tingkat Internasional, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jalin Kerjasama Flinders University Australia

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terus berbenah dan meningkatkan kualitas diri untuk berkembang menjadi world class university. Sebagai tuntutan zaman kampus juga harus mampu melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi baik di tingkat lokal, nasional bahkan internasional.
Melalui inisiatif Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), UIN Sunan Kalijaga merintis kerjasama dengan Flinders University Australia melalui program kemitraan "Jembatan". Kerjasama tersebut dilaksanakan dengan kunjungan resmi ke Australia oleh delegasi LPPM yang dipimpin ketua LPPM Prof Dr. Phil Almakin MA. Rabu-Jum’at, 6-8 Maret 2019.
Dalam kesempatan Itu, tim LPPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berada di Flinders University disambut oleh Vice President & Executive Dean College of Humanities, Arts & Social Science; Professor Vanessa Lemm dan Direktur International Engagement Flinders International; Matt Taverner.
Prof Almakin mengatakan kerjasama tersebut akan segera dilaksanakan tahun ini, terutama dalam program riset dan publikasi kolaboratif, pertukaran dosen dan mahasiswa (Fellowship Project), serta Pengabdian Masyarakat dalam bentuk KKN. Untuk itu dalam bulan Juli akan dilakukan pertemuan dengan Flinders University di UIN Yogyakarta untuk segera mengimplementasikan program tersebut.

Sementara itu menurut Prof Vanessa, ia sangat bangga, karena Flinders akan menjadi bagian penting dari peningkatan kualitas akademis di Indonesia terutama di UIN Sunan Kalijaga. Kerjasama ini juga sangat penting untuk Flinders University dalam mengembangkan studi humanities di Asia Tenggara dan Studi Islam Kontemporer.
Saat ini Flinders telah mengembangkan studi Asia Tenggara, Indonesia merupakan negara utama yang dapat memberi kontribusi arah studi ini. Dalam bidang studi agana dan studi Islam, UIN Yogyakarta akan banyak memberi kontribusi bagi Flinders, karena dalam bidang tersebut belum banyak dikembangkan.
Menurut sekertaris LPPM Moh Soehadha, rangkaian pertemuan dengan Flinders University sudah direncanakan jauh hari, untuk dilaksanakan secara marathon pada tanggal 6-8 Maret 2019 di kampus Flinders University, Adelaide, South Australia. Kerjasama yang segera diimplementasikan mulai Tahun 2019 itu antara lain adalah Riset dan Publikasi Kolaboratif, pengiriman mahasiswa S2 dan S3, Fellowship, dan pengabdian masyarakat (Community Engagement). (Khabib/humas)