Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Ikuti Deklarasi Generasi Pelopor Keselamatan Berlalu-lintas.

Untuk meningkatkan kesadaran berlalulintas yang baik di jalan raya bagi generasi muda, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengajak mahasiswanya untuk mengikuti Millennials Road Safety Festival 2019 di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Minggu (10/3). Pagi itu Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. KH. Drs. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D memimpin langsung keberangkatan delegasi dari UIN Sunan Kalijaga dan ikut bersama menuju lokasi festival.

Kegiatan bertema ”Mewujudkan Millennials Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang” itu diawali jalan sehat, kemudian pelepasan burung dan deklarasi oleh perwakilan generasi millennial sebagai pelopor keselamatan berlalu-lintas.

Kapolda DIY IrjenPol Ahmad Dofiri, M.Si mengatakan, kecelakaan lalu-lintas merupakan angka kecelakaan terbesar nomor 3 di dunia. Kebanyakan kecelakaan lalu-lintas melibatkan kelompok millennials atau usia produktif. Kalau ini tidak dicegah akan banyak korban berjatuhan.

“Perlu kesadaran bersama untuk memahami arti penting keselamatan berlalu-lintas. Kegiatan ini bertujuan untuk menggugah generasi muda menjadi pelopor keselamatan berlalu-lintas. Mulailah stop pelanggaran, stop kecelakaan demi keselamatan dan kemanusiaan”, kata Dofiri yang pernah menerima Adhi Makayasa 1989.

Sri Sultan HB X berpesan kepada seluruh warga untuk selalu berhati-hati saat berkendara di jalan, hingga selamat sampai tujuan, hingga selamat sampai tujuan. Salah satu yang harus diperhatikan, pengendara harus menguasai kendaraanya dan selalu mentaati rambu-rambu lalu lintas.

“Kalau traffic light menyala kuning berarti haru kurangi kecepatan, jangan malah dibanterke. Korban kecelakaan semakin besar. Kerena itu harus mulai dibangun kesadaran tertib berlalu-lintas,” tutur Sri Sultan HB X. (Khabib/humas)