UIN Sunan Kalijaga Siapkan Wisudawan Hadapi Revolusi Industri 4.0

Memasuki era disrupsi teknologi yang bergeser pada era Revolusi Industri 4.0. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta membekali wisudawan dengan soft skil kemampuan bahasa asing (Arab dan Inggris) serta keterampilan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Selain capaian universitas yang sudah terakreditasi institusi oleh BAN-PT yaitu “A” dengan nilai 372.

Demikian dikatakan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA. Ph.D saat mewisuda 876 orang lulusan sarjana, magister dan doktor pada periode III Tahun Akademik 2018/2019. Jumlah lulusan kali ini yakni Sarjana 709 orang, Magister 150 orang dan Doktor 17 orang, yang di wisuda pada hari Kamis dan Jum’at, 2-3 Mei di Gedung Prof. Dr. H.M. Amin Abdullah.

Yudian Wahyudi mengatakan dengan fasilitas yang sudah memadai untuk pembinaan mahasiswa, kita sudah menuju World Class University. Sejak 2016 UIN Sunan Kalijaga resmi menjadi anggota ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) lembaga akreditasi perguruan tinggi internasional yang berbasis di Asia.

Yudian menjelaskan sudah ada enam prodi menjalankan AUN-QA assessment dengan hasil memuaskan yakni Prodi S1 Pendidikan Kimia, S1-Pendidikan Agama Islam, S1-Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, S1-Akidah dan Filsafat Islam, S1-Ilmu Alquran dan Tafsir dan S2-Interdiciplinary Islamic Studies. “ Secara bertahap seluruh prodi di UIN Sunan Kalijaga akan di audit mutu dengan AUN-QA” tutur Yudian.

“Selain itu juga UIN Sunan Kalijaga menjadi anggota Asian Islamic University Association (AIUA) atau asosiasi universitas islam se-Asia, tetapi sekaligus dipercaya menjadi pengelola jurnal dan penjaminan mutu tingkat internasional di lingkup PT Islam se-Asia ini. Dengan demikian, UIN Sunan Kalijaga punya peran penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Islam di Indonesia, bahkan Asia.” Kata Yudian yang juga Presiden AIUA.

Dengan penguatan jaringan kerjasama baik lokal, nasional dan internasional yang sudah dilakukan kampus, sivitas akademik UIN Sunan Kalijaga sudah merasakan manfaatnya dengan mahasiswa mengikuti program student exchange di beberapa kampus luar negeri, program Kuliah Kerja Nyata di luar negeri dan kesempatan dosen meraih beasiswa untuk studi lanjut program doktor atau joint research dengan kampus di luar negeri atau nasional.

Dalam jangka panjang, UIN Sunan Kalijaga sudah merancang pembangunan Pesantren Mahasiswa “Ma’had Al-Jamiah” sebagai tempat pembinaan dasar agama, pembentukan pemahaman moderasi Islam, pembentukan karakter dan akhlakul – karimah, penguasaan keterampilan baca-tulis alquran, serta penguatan keterampilan bahasa asing (Arab dan Inggris) serta penguasaan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Maka dari itu tidak heran wisudawan sekarang ini dengan predikat terbaik tercepat ada lulusan yang mencapai IPK sempurna 4.0 atas nama Dina Khairunnisa program magister fakultas syariah dan hukum lulus 1 tahun 5 bulan. Selain itu juga ada Drei Herba Ta’abudi (IPK:3,82) magister fakultas adab dan ilmu budaya lulus 1 tahun 11 bulan, Insan Yudha Pranata (IPK: 3,69) sarjana fakultas adab dan ilmu budaya lulus 3 tahun 5 bulan, Nabila khoirunnisa Harliani (IPK. 3,87) sarjana fakultas dakwah dan komunikasi lulus 3 tahun 4 bulan, Alfian Daha Wira Utama (IPK. 3,87) sarjana fakultas Syariah dan hukum lulus 3 tahun 5 bulan, Yekti nugroho (IPK.3,96) magister fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan lulus 1 tahun 5 bulan, Alfi Rahmah Sya’bana. MS (IPK. 3,80) sarjana fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan lulus 3 tahun 4 bulan, hamdi putra ahmad (IPK.3,92) sarjana fakultas ushuluddin dan pemikiran islam lulus 3 tahun 5 bulan, wahyu suryadi (IPK. 3,79) sarjana fakultas sains dan teknologi lulus 3 tahun 5 bulan, lelita azaria rahmadiva (IPK. 3,82) sarjana fakultas ilmu sosial dan humaniora lulus 3 tahun 4 bulan, diah anggari hardianti (IPK. 3,86) sarjana fakultas ekonomi dan bisnis islam lulus 3 tahun 4 bulan, serta ali muhtarom (IPK.3,86) program doktor pascasarjana lulus 3 tahun 3 bulan.

Sampai wisuda periode ini, jumlah lulusan/alumni UIN Sunan Kalijaga adalah 60.289 orang, 624 bergelar doktor dan 5.508 bergelar magister.

Di hari pertama Kamis 2 Mei 2019 telah diwisuda mahasiswa Fakultas adab dan ilmu budaya 62 (S1:56 dan S2:6) wisudawan, fakultas ushuluddin dan pemikiran islam 79(S1:72,S2:7) wisudawan, fakultas sains dan teknologi S1:84 wisudawan, dan fakultas ekonomi dan bisnis islam 160(S1:153,S2:7) wisudawan.

Sedangkan hari ke dua jumat 3 Mei 2019 telah diwisuda mahasiswa Pascasarjana 39(S2:22,S3:17) wisudawan, fakultas ilmu sosial dan humaniora S1:61 wisudawan, fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan 170(S1:94,S2:76) wisudawan, fakultas syariah dan hukum 106(S1:81,S2:25) wisudawan.