Kembangkan Potensi Daerah: Pemkab Tanggamus Kerjasama Dengan UIN Sunan Kalijaga

Penandatanganan perjanjian kerjasama Memorandum Of Understanding (MoU) antara UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan Pemerintah Kabupaten Tanggamus Lampung dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat telah dilaksanakan di ruang rapat utama Bupati Tanggamus, Kamis (02/05) kemarin.

Perwakilan UIN Sunan Kalijaga yang hadir Wakil Rektor Bidang Mahasiswa dan Kerja Sama Dr.H. Waryono, M.Ag, Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan Muhrisun, MSW., Ph.D dan Kasubbag Tata Usaha Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Gunadi, SH. MH diterima langsung oleh Wakil Bupati Tanggamus Hi. Am Syafi’i, S.Ag dan didampingi jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tanggamus.

Wakil Bupati Tanggamus Hi. Am Syafi’i, S.Ag mengapresiasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang membina hubungan dan melakukan kerjasama dengan Pemkab Tanggamus. Ini merupakan bentuk dukungan dari perguruan tinggi demi membangun Tanggamus sesuai misi Pimpinan Daerah.

“ Dalam kerjasama ini Pemerintah Kabupaten Tanggamus akan memberikan beasiswa kepada putra daerah Tanggamus yang kuliah di UIN Sunan Kalijaga. Dan juga membantu mahasiswa yang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Tanggamus. Dari kerjasama ini, diharapkan ada simbiosis mutualisme antara kampus dan daerah terus terjalin. Dan minta untuk semua jajaran SKPD bersinergi untuk mendukung kegiatan yang relevan.” Tutur Syafi’i

Lebih lanjut Syafi’i menjelaskan, dalam program KKN bisa fokus kegiatan yang dapat memberi banyak manfaat bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Tanggamus seperti pemberdayaan sosial keagamaan, pemberdayaan TPQ/TPA/PAUD, pendidikan dan pelatihan keterampilan usaha ekonomi produktif, bimbingan belajar bagi siswa SD, SMP, dan SMA.

“Kemudian pengembangan masjid mandiri, tanggap bencana berbasis masjid, pengolahan limbah atau sampah rumah tangga, peningkatan kualitas air sumur warga, sosialisasi dan pembuatan sumur resapan air hujan atau biopori, pengolahan limbah kotoran ternak, pengelolaan budidaya ikan air tawar, unggas sebagai sumber pendapatan keluarga. Tamanisasi lingkungan masjid, budidaya tanaman obat herbal atau apotik hidup, pemberdayaan ekonomi syariah.” kata Syafi’i.

Wakil Rektor Bidang Mahasiswa dan Kerjasama Dr. H. Waryono, M.Ag mengatakan UIN Sunan Kalijaga akan mengembangkan KKN terkait bencana dan juga pengembangan desa wisata. Apalagi di Kabupaten Tanggamus mempunyai potensi wisata alam yang meliputi pegunungan dan laut yang indah. Selain itu objek penelitian antropologi dan sosiologi yang saat ini tengah berjalan, ada juga program pengembangan wisata syariah dan lembaga penjaminan halal.

“Kami merasa bangga, karena ada alumni UIN Sunan Kalijaga yang diterima oleh masyarakat sebagai Wakil Bupati Tanggamus, ini menjadi kebanggaan kampus. Kami sebenarnya tidak diajarkan tentang pemerintahan namun dengan berjalannya proses yang berdinamika dan menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, ada potensi di Pemkab Tanggamus yang bisa dikembangkan dengan UIN Sunan Kalijaga. Dan dalam waktu dekat ini kami akan menerjunkan mahasiswa KKN ke Tanggamus pada bulan Juli-Agustus mendatang, yakni pertama Pantai Kiluan di Kecamatan Kelumbayan.”ucap Waryono. (Khabib/humas)