UIN Sunan Kalijaga Menggelar Kegiatan Ramadhan bil Jami’ah 1440 H

Laboratorium Agama Masjid Sunan Kalijaga menyambut Bulan Suci Ramadhan menyelenggarakan Kegiatan Ramadhan bil Jami’ah 1440 H. Kegiatannya meliputi Festival Ramadhan bil Jami’ah, Lesehan Ramadhan dan takjil, Sholat Taraweh dan ceramah taraweh, ceramah subuh, dialog ramadhan, pameran kaligrafi, nuzulul quran, penyaluran zakat dan pelaksanaan sholat Idul Fitri.

Ramadhan bil Jami’ah 1440 H ini mengusung tema “Tadarus”. Di bulan Ramadhan ini kegiatan di awali dengan lesehan ramadhan sebagai narasumber Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D dan sekaligus membuka rangkaian kegiatan di Selasar Luar Masjid Sunan Kalijaga, Senin (6/5) kemarin.

Yudian Wahyudi mengajak kepada jamaah untuk kembali memahami cara berislam yang progresif dan santun, bukan malah agresif dan kaku. Islam mengajarkan agama yang menitokrasi, yang jika di Barat, kerja adalah menjadi satu satunya sumber nilai. Sehingga kita dinilai karena kerja kita. Namun dalam Islam, mengajarkan tiga pokok yakni iman, ilmu dan amal, sebagai sumber nilai yang saling memperkuat. “Maka mahasiswa Islam sangat dituntut untuk selalu menjadi ulama yang ilmiah yang mencerminkan 3 pokok ajaran Islam tersebut. “ tutur Yudian.

Ketua Panitia Ramadhan bil Jami’ah 1440 H Ahmad Jazuri mengatakan tema “Tadarus” yang bisa dimaknakan sebagai moment refleksi berislam kita untuk selalu membaca, mempelajari, dan menghayati Al Qur’an sebagai pedoman hidup suci umat Islam. “ Perlu aktualisasi nilai alquran dalam kehidupan nyata” kata Jazuri.

Jazuri menambahkan tahun ini kita bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa JQH Almizan menyelenggarakan pameran kaligrafi. Karya yang dipamerkan dari hasil kreasi mahasiswa dan dosen UIN Sunan Kalijaga. Selain itu, untuk penceramah subuh selain dari dosen juga ada unsur mahasiswa. “ Mahasiswa dilibatkan agar mempunyai kemampuan dan mengembangkan bakat dan minat mereka baik di bidang dakwah atau kaligrafi” jelas Jazuri.

Sementara festival Ramadhan bil Jami’ah 1440 H sudah kita selenggarakan satu minggu menjelang bulan Ramadhan dengan menggelar beberapa kegiatan. Diantaranya senandung Pop Islami untuk kategori pelajar SMA/sederajat dan kalangan mahasiswa, takhfid quran juz 30 untuk anak SD/MI, dan MTQ untuk pelajar SMA/sederajat dan kalangan mahasiswa.

“Tahun ini kami berhasil mengundang narasumber dan tokoh ulama untuk mengisi kegiatan Ramadhan bil Jami’ah 1440 H dari tingkat nasional sampai lokal. Dengan begitu kita berharap jamaah akan lebih banyak lagi yang ikut mengaji dan bertambah ilmu serta wawasan keislaman sebagai rahmatallilalamin.” Pungkas Jazuri. (khabib/humas).