UIN Sunan Kalijaga Rintis Kerjasama Dengan 10 Perguruan Tinggi Di Cina

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjajaki kerjasama dengan Beijing Education Institute for International Exchange (BEIIE). Pada kesempatan ini dihadiri oleh General Manager BEIIE Mr. Yu Da beserta perwakilan dari 10 perguruan tinggi yang ada di Republik Rakyat Cina (RRC). Kesepakatan ini di tandai oleh Letter of Intent (LoI) yang ditandatangani Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. H. Waryono, M.Ag dan Mr. Yu Da, Kamis(9/5) kemarin.

Pada pertemuan yang digelar di gedung Prof. Saifuddin Zuhri UIN Sunan Kalijaga, menghasilkan gagasan kegiatan pengembangan akademik. Adanya kesepakatan riset gabungan antar perguruan tinggi, mengirim dosen untuk studi lanjut program doktor, pertukaran mahasiswa dan guru besar, dan penguatan profesorisasi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

General Manager BEIIE Mr. Yu Da menyampaikan rasa senangnya untuk bisa menjalin dan menciptakan kerjasama dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Salah satunya terkait penelitian bersama antar perguruan tinggi atau pertukaran mahasiswa. Kita sudah menyiapkan beberapa nama kampus untuk bisa menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Persyaratan administrasi kami sesuaikan dengan kebijakan kampus yang akan dituju untuk kegiatan penelitian atau pertukaran mahasiswa. Untuk itu, nanti kita ada penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antar instansi.” kata Yu Da.

Sementara itu, Zhang Jianhua Vice President Jiangsu Food and Pharmaceutical Science College menjelaskan bahwa 47 mahasiswa Indonesia ada di kampus ini. Mereka belajar dan hidup bahagia. “ Di antara mereka juga bisa belajar masakan Cina, dan setiap tahunnya kami mengirim mahasiswa dan dosen untuk program pertukaran pelajar atau guru besar.” ucap Zhang Jianhua.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. H. Waryono, M.Ag menyatakan keinginannya untuk ke depan LoI bisa direalisasi dalam bentuk MoU. Kita ingin menjalin kerjasama bidang riset, pertukaran mahasiswa dan guru besar, beasiswa program doktor untuk dosen dan penguatan program guru besar. “Dosen UIN Suka sudah ada satu yang menempuh studi doktor di Cina, kita berharap makin bertambah dosen yang belajar ke sana.” tutur Waryono.

Beberapa wakil perguruan tinggi di Cina yang berkunjung ke UIN Sunan Kalijaga yakni, Jiangsu Food and Pharmaceutical Science College, Wuhan Institute of Shipbuilding Technology, Hebei College of Industry and Technology, Jiangsu Vocational College of Medicine, Suzhou Art & Design Technolgy Institute, Jiangsu Agri-Animal Husbandary Vocational College, Nanjing Vocational Institute of Industry Technology, Nanjing Polytechnic Institute, Changzou Vocational Institute of Mechatronic Technology dan Jiangsu Vocational College of Agriculture and Forestry.(Khabib/humas)