University of East Anglia Tawarkan Kerja Sama Pengembangan Akademik Dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

UIN Sunan Kalijaga menerima kunjungan dari Britis Council dan University of East Anglia England (UEA). Delegasi dari Inggris ini diterima oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Drs. KH. Yudian wahyudi, M.A., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. Dr. H. Sutrisno, M. Ag., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. Phil Sahiron, MA., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. H.

Waryono, M. Ag, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A. dan Direktur International Office UIN Sunan Kalijaga/Center for Developing Cooperation and International Affairs, Dr. Achmad Uzair, Ph.D., bertempat di ruang pertemuan, gedung Prof. KH. Saifuddin Zuhri, Jum’at, 12/6/19.

Kunjungan dari UEA ke kampus UIN Sunan Kalijaga kali ini juga disambut antusias oleh ratusan sarjana fresh graduate, dan juga para dosen baru UIN Sunan Kalijaga. Ditemui di sela-sela acara, Dr. Achmad Uzair menjelaskan, bahwa kunjungan ini dilakukan dalam rangka pembicaraan kerja sama kedua universitas. Pembicaraan kerja sama antara University of East Anglia dan UIN Sunan Kalijaga dalam bidang pelatihan mahasiswa doktoral, research collaboration, research fellowship.

Achmad Uzair menjelaskan, University of East Anglia merupakan universitas ternama di Inggris, yang telah masuk 200 besar Rangking dunia dengan bidang disiplin keilmuan yang menonjol diantaranya di wilayah studi lingkungan (Perubahan Iklim), International Development dan Social Work. UIN Sunan Kalijaga sendiri menawarkan keunggulan dalam bidang Islamic Studies yang akan berkontribusi pada pemahaman masyarakat yang berubah dan makin beragam seperti di Inggris.

Di forum ini Rektor UIN Sunan Kalijaga menyampaikan bahwa keunggulan keilmuan Islamic Studies di kampus UIN Sunan Kalijaga ditunjang oleh pengakuan publik yang kuat atas peran UIN Sunan Kalijaga di level masyarakat muslim lokal hingga International dengan posisi Prof. K.H. Yudian Wahyudi, BA., BA., M.A., Ph.D., sebagai Presiden Asian Islamic Universities Association (AIUA).

Sementara itu Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A, Kepala LP2M UIN Sunan Kalijaga, menyatakan bahwa UIN Sunan Kalijaga siap melakukan pengembangan kerja sama karena banyak sumber daya yang bisa dimobilisasi untuk kepentingan ini, baik dari internal UIN Sunan Kalijaga, maupun dari luar.

Dr. Susan Matthews dan Dr. Audrey Heppleston selaku perwakilan dari University of East Anglia menyambut positif potensi kerja sama ini dan akan menghubungkan dengan civitas akademika secara lebih luas di institusi asal. Achmad Uzair menambahkan, bagi UIN Sunan Kalijaga pengembangan kerja sama dengan universitas asing ini merupakan prioritas untuk program Internationalisasi. (Weni)/Doni)