UIN Sunan Kalijaga Pamerkan Antropometer Digital di AICIS

Dalam even Islamic Higher Learning Expo (EXPO), UIN Sunan Kalijaga memamerkan hasil karya unggulan mahasiswa, yakni Antropometer Digital. Alat ini merupakan pengembangan skripsi mahasiswa Prodi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga. Antropometer Digital merupakan alat pengukur bagian tubuh manusia secara digital untuk menggantikan pengukuran tubuh secara manual, sehingga pengukuran bisa cepat dan akurat. Hasil pengukuran berguna sebagai data yang digunakan untuk merancang suatu produktif (kursi, meja, pakaian, sepatu, dan lain sebagainya), sehingga produk yang dirancang akan ergonomis (nyaman digunakan).

Selain itu, alat ini dapat mengukur tinggi badan, lebar badan, panjang telapak tangan, lebar telapak tangan, panjang 1 hasta, jarak dari siku ke ketiak, jarak dari siku ke ujung tangan, panjang lengan terhampar, jarak dari pucuk kepala ke dagu, jarak dari garis rambut ke dagu, jarak dari alas kaki ke akar kemaluan, jarak dari alas kaki ke bawah lutut, jarak dari bawah lutut ke akar kemaluan, dan panjang telapak.

Menurut Fajar Anwar, mahasiswa Prodi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga saat mempresentasikan antropometer digital mengatakan bahwa alat ini memberikan kemudahan pengukuran dimensi tubuh manusia secara cepat dan akurat. Sebagai pendukung perancangan produk industry dan sebagai referensi dalam bidang antropometri.

Dipamerkan juga berbagai capaian pengembangan akademik dan karya akademik terbaru. Diantaranya, buku-buku hasil riset para guru besar dan para dosen serta jurnal ilmiah terbaru, berbagai rintisan dan capaian kerja sama luar negeri dalam rangka internasionalisasi kampus, berbagai prestasi mahasiswa dan dosen. Selain itu, kelengkapan dan desain pameran UIN Sunan Kalijaga terlihat mengungguli stand-stand lainnya, sehingga mendominasi perhatian pengunjung. Selain memanfaatkan aplikasi teknologi antropometer digital dan meminta hasil dokumen digitalnya, para pengunjung memanfaatkan kunjungannya untuk memborong buku-buku ilmiah dan jurnal terbaru karya UIN Sunan Kalijaga.

Beberapa pengunjung mengakui bahwa karya karya riset terbaru UIN Sunan Kalijaga tentunya sangat bermanfaat. Sebagai kampus tertua di lingkup PTKIN, karya-karya riset dan pengembangan akademik UIN Sunan Kalijaga tetap paling unggul untuk dijadikan acuan untuk memajukan kampus mereka. (tim humas)