AICIS ke-19 Sukses Digelar

Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag., Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI resmi menutup Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-19 tahun 2019, Kamis (3/10) kemarin.

Sejauh ini AICIS dinilainya telah sukses menjadi ajang menuangkan pemikiran studi Islam dari berbagai bidang dan perspektif.

“Tentu saja kami memerlukan diskusi, studi, dan riset lebih lanjut setelah pertemuan ini. Semua ini demi menampilkan Islam moderat sebagaimana visi Kementerian Agama,” katanya.

Pada gelaran AICIS kali ini sebanyak 1.700 sarjana dalam bidang Islamic Studies berkumpul di Jakarta selama empat hari, pada 1-4 Oktober 2019. Konferensi tahunan ini mengambil tema “Digital Islam, Education and Youth: Changing Landscape of Indonesian Islam”. Pertemuan ini membahas 450 paper dari 1300 yang diseleksi.

Selain itu, Arskal mengumumkan secara resmi bahwa IAIN Bengkulu akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan AICIS ke-20 pada tahun 2020 dan pada saat penutupan juga melaunching Jejaring Media Islam Moderat (JMIM) yang merupakan hasil dari pertemuan Humas Dirjen Pendis se-Indonesia pada saat kegiatan tersebut.

Dari hasil pertemuan Humas PTKIN se-Indonesia, seluruh humas PTKIN akan menjadi bagian dalam jejaring dan menjadi pendorong awal dari gerakan. Seluruh Humas yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI sepakat untuk membangun JMIM.

Humas UIN Sunan Kalijaga pun menyambut baik hal ini dan akan bersinergi mendukung program-program Kementerian Agama RI. (Tim Humas)