UIN Sunan Kalijaga Umumkan Pemenang Lomba Tata Upacara Bendera Tahun 2019

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telah memilih pemenang juara lomba Tata Upacara Bendera bagi siswa MA/SMA/SMK tingkat nasional tahun 2019. Lomba yang dimulai pada 16 Oktober hingga 20 Oktober 2019 diikuti oleh 35 tim pengibar bendera dari berbagai daerah. Masing-masing sekolah bisa mengirimkan 19 sampai 22 peserta untuk setiap sekolah.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D. mengajak generasi muda menjaga persatuan dan kesatuan Negara kesatuan republik Indonesia dengan cara sederhana yakni melatih diri dengan hormat bendera. “ Hormat bendera sebagian cermin keimanan umat muslim, karena dibalik itu ada perjanjian kenegaraan.” tutur Yudian Wahyudi yang juga Presiden Asian Islamic Universities Association (AIUA) saat menutup acara lomba Minggu (20/10).

Dalam pemilihan pemenang lomba, dewan juri yang terdiri dari Polda DIY Sinungwati, SH., M.I.P. Korem 072/Pamungkas Edy Wibowo, LANUT Yatim Widodo, LANAL Sarjito, BPO Dinas Dikpora DIY Subarmin, PW NU DIY Nurjamil Dimyati, PW Muhammadiyah DIY Edy Prajaka, S. Pd.,, DISDIKPORA Kartono, Dra. UIN Sunan Kalijaga RTM Maharani, MM, telah menilai secara seksama dan terbuka.

Para dewan juri bersepakat mengedepankan kesesuaian tema yang dibawakan setiap tim sekolah dalam menunjukkan kekompakan dan kerapian saat persiapan dan pelaksanaan upacara bendera.

Adapun untuk penilaian tersendiri yang masuk adalah kategori pembina upacara, pemandu acara upacara, pemimpin upacara, pembaca teks pembukaan UUD 1945, pembaca teks janji siswa, pembaca doa, kelompok pengibar bendera terbaik dan kelompok paduan suara terbaik dari setiap sekolah.

Rapat penjurian untuk menentukan para pemenang lomba Tata Upacara Bendera sudah diputuskan, dan mereka berhak membawa total uang pembinaan senilai Rp. 100 juta yang akan dilakukan pada acara memperingati hari santri nasional 22 Oktober 2019. Berikuti tim pemenangnya, Juara ke-1 tim dari SMK N Karangpucung Cilacap, juara ke-2 tim dari SMA N 2 Purwokerto, juara ke-3 tim dari SMK Penerbangan AAG Adisucipto, harapan ke-1 tim dari SMA N 1 Muntilan Magelang, harapan ke-2 tim dari SMK N 1 Puring Kebumen, harapan ke-3 tim dari SMK N 1 Jatiroto Wonogiri, dan beberapa ketegori yakni pembina upacara terbaik dari SMK N Karangpucung Cilacap, pemandu acara upacara terbaik dari SMA N 2 Purwokerto, pemimpin upacara terbaik dari SMK Penerbangan AAG Adisucipto, pembaca teks pembukaan UUD 1945 terbaik dari SMA N 2 Brebes, pembaca teks janji siswa terbaik dari tim SMK Penerbangan AAG Adisucipto, pembaca doa terbaik dari SMK N Karangpucung Cilacap, kelompok pengibar bendera terbaik dari SMK N Karangpucung Cilacap dan kelompok paduan suara terbaik SMK N Karangpucung Cilacap. (Khabib-humas)