2 Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga mengikuti kegiatan student mobility program SAVIOR II

UIN Sunan Kalijaga terus memacu mahasiswa untuk belajar ke luar negeri. Setelah sukses menyelenggarakan Student’s Academic Visit to Foreigner Countries (SAVIOR) pada tahun 2018 untuk pertama kalinya, tahun ini SAVIOR memberangkatkan 11 mahasiswa untuk menyelami kegiatan akademik di empat negara. Kloter pertama SAVIOR II memberangkatkan dua mahasiswa ke Brunei Darussalam bernama Raisatul Mufahamah dari jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam dan Alfi Febriany dari prodi Manajemen Keuangan Syariah.

Kedua mahasiswa tersebut belajar di Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) yang berlokasi di Jalan Gadong. Keduanya tinggal di Kolej Kediaman atau asrama UNISSA selama 11 hari.

Pada minggu pertama, peserta SAVIOR mengikuti jadwal yang telah dibuat oleh Centre of Promotion Knowledge and Language (CPKL) UNISSA dengan pembimbing Dr. Halimaturradiah binti Dato Seri Setia Haji Metussin. Mereka menghadiri Majelis Wisuda Kolej Universiti Pergururan Ugama (KUPU) di Bandar Seri Begawan. Selanjutnya mereka diajak untuk melihat Institut Tahfizh al-Qur’an Sultan Haji Hassanal Bolkiah dan Balai Khazanah yang tengah menyelenggarakan acara tahunan yaitu Majelis Ilmu. Tahun ini tema yang diangkat adalah “Manuskrip Islam Mercu Tanda Ketamadunan Umat”. Majelis Ilmu mempunyai beberapa acara seperti forum perdana, ceramah, seminar, dan pameran. Terakhir, mereka mengunjungi Pusat Sejarah Brunei.

Minggu kedua, peserta SAVIOR yang berjumlah dua orang ditempatkan di fakultas yang sesuai. Raisatul Mufahamah dari Fakultas Adab dan Ilmu Budaya jurusan Sejarah Kebudayaan Islam mengikuti kuliah di jurusan Islamic History and Civilization di Fakulti Pengkursusan Pengembangan Islam (Faculty of Islamic Development Management). Raisatul mengikuti kuliah yang sebagian besar menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar. Selain itu diajak fakultas mengunjungi Galeri Kampong Ayer, Museum Alat Kebesaran Diraja, Museum Maritim Brunei, dan PenBorneo.

Sementara itu, Di Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), Alfi Febriany dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di tempatkan di Fakulti Ekonomi dan Kewangan Islam (FEKIM) dengan pembimbing Dayang Nurul Nabilah binti Haji Aji yang merupakan Kepala Program Sarjana. Kegiatan akademik yang dilakukan antara lain: mengikuti kegiatan fakultas, mengikuti kelas, mengikuti study visit, konsultasi tugas akhir dan presentasi proposal tugas akhir dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Kegiatan fakultas yang diikuti adalah Program Tunas Harapan ke-4 yang diselenggarakan oleh Fakulti Ekonomi dan Kewangan Islam. Kegiatan ini berlangsung di Sekolah Menengah Serasa bertujuan untuk meningkatkan kesadaran sosial. Kegiatan study visit ke di laksanakan di Majlis Ugama Islam Brunei (MUIB) yang menaungi pengelolaan zakat, wakaf dan baitulmal Brunei Darussalam. Selain itu, peserta SAVIOR juga berkesempatan untuk berkonsultasi tugas akhir dilanjutkan dengan presentasi proposal tugas akhir. Peserta SAVIOR dari FEBI juga berkesempatan mengunjungi Kementrian Kewangan Brunei Darussalam (Ministry of Finance), Pusat Keusahaan Brunei (The Box), dan sharing session dengan IFESS (Islamic Finance and Economics Student Association). Kegitan SAVIOR II tidak lepas dari kegiatan akademik dengan mengikuti kelas, studi visit, mengikuti agenda fakultas maupun universitas. Dengan perbedaan lingkungan dan atmosfer akademik dapat memberikan cara pandang, wawasan dan pengetahuan yang lebih luas, demikian aku Raisatul dan Alfi. (Aulia-Mahasiswa Magang)