2 Mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Mengikuti Pembelajaran di Kampus Thailand (Program SAVIOR II)

Terpilih menjadi salah satu delegasi SAVIOR (Student's Academic Visit to Foreign Countries), Millati Pratiwi mahasiswa Teknik Informatika dan Safitri Anggita Tunjung Sari mahasiswi Biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berangkat menuju Hat Yai, Thailand untuk mengikuti kegiatan akademik di Prince of Songkla University (PSU) dari tanggal 11 November sampai dengan 19 November 2019.

SAVIOR adalah program yang memberi kesempatan kepada mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang memenuhi persyaratan untuk bisa merasakan bagaimana suasana berkuliah di salah satu Universitas mitra UIN Sunan Kalijaga di luar negeri. Program ini diinisiasi oleh CDCIA (Center for Developing Cooperation and International Affairs). Melalui SAVIOR, mahasiswa diharapkan dapat mengikuti perkuliahan baik di kelas maupun di laboratorium, mengakses perpustakaan, konsultasi dengan dosen di universitas tujuan dan mengikuti kegiatan-kegiatan akademis lainnya.

Safitri dan Millati tiba di Prince of Songkla University pada hari Senin, 11 November 2019. Mereka disambut hangat oleh staff dari International Office dan Dekan Fakultas Sains Prince of Songkla University. Setelah penyambutan, mereka ditemani oleh 2 mahasiswi PSU untuk menemani mengitari PSU. Setelah itu, Safitri dan Millati diantar menemui dosen sesuai program studi yang diambil Safitri dan Millati, yaitu Biologi dan Teknik Informatika. Safitri mengikuti perkuliahan Plant Ecology di kelas dan mengikuti diskusi, praktik, dan sharing tentang Animal, Molecular Plant, dan Plant Tissue Culture di laboratorium. Sedangkan Millati mengikuti perkuliahan di kelas ​Research and Methodology, Networking, Database, dan Object oriented programming di laboratorium. Selain itu ia juga mengikuti seminar. Selama di PSU, Safitri dan Millati mendapat bimbingan yang baik oleh dosen penanggung jawabnya. Safitri dibimbing oleh Ajarn Krittika di Biology Department, dan Millati dibimbing oleh Ajarn Jarutas di Information Communication and Technology Department.

Kegiatan perkuliahan dilakukan dengan dua bahasa, English dan Thailand, sehingga mahasiswa internasional tidak terlalu kesulitan dalam memahami materi. Tidak hanya mengikuti pembelajaran di kelas belajar, Safitri dan Millati juga mendapat kesempatan untuk menikmati berbagai hal menarik di Thailand. “Kami beruntung karena kami datang dihari yang sama dengan Loy Krathong Festival. Kami dapat melihat lilin-lilin dan rangkaian bunga yang diapungkan di sungai atau kolam dengan indah,” ujar mereka. Festival ini dilakukan satu kali dalam setahun oleh orang Budha untuk penghormatan kepada roh-roh sungai dan ucapan syukur kepada dewa air untuk hujan.

Safitri dan Millati juga diajak mengunjungi museum Princess Maha Chakri Sirindhorn Natural History dan PSU Hall of History yang masih berada di lingkungan Prince of Songkla University. Selain itu juga mengunjungi Samila Beach dan Tang Kuan Hilltop yang berada di Songkla; serta Kim Yong Market, ASEAN Market, dan Greenway Market yang berada di Hat Yai.

Safitri dan Millati mengaku merasa sangat puas mengikuti pembelajaran selama di Thailand. Mereka mendapatkan teman, ilmu, serta pengalaman yang baru. Mereka akan membagikan hal-hal baru ini kepada keluarga dan teman-temannya di Indonesia.