Ormawa Masa Bakti 2020 Resmi Dilantik Rektor

Rektor, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, B.A., M.A., Ph.D., melantik pengurus organisasi kemahasiswaan tingkat universitas masa bakti 2020 yang terdiri dari Senat Mahasiswa Universitas (SEMA U), Dewan Mahasiswa Universitas (DEMA U), dan 20 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Gedung Prof. Mr. R.H.A. Soenarjo kampus UIN Sunan Kalijaga, Selasa (21/1).

Bersamaan dengan pelantikan tersebut, dilantik pula kepengurusan organisasi Permadani Bidikmisi untuk mewadahi kegiatan para mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi.

Kegiatan pelantikan adalah satu rangkaian setelah diselenggarakannya Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemilwa) yang dilaksanakan Desember tahun lalu. Pemilwa menghasilkan struktur SEMA U dan DEMA U. Sementara itu, UKM melalui proses kaderisasi dan musyawarah umum anggotanya ataupun rapat tahunan anggotanya menetapkan struktur kepengurusan tahun berikutnya.

Prosesi terpenting dari pelantikan ini adalah pengambilan sumpah jabatan dari para pengurus ormawa baru oleh Rektor langsung. Mereka disumpah untuk: siap melaksanakan tugas kepengurusan selama satu tahun; menjunjung tinggi nilai-nilai akhlaqul karimah dalam ucapan, sikap, perilaku, dan penampilan; dan menjaga nama baik almamater serta taat kode etik dan tata tertib.

Selain itu pengurus ormawa juga disumpah untuk berdedikasi dalam menjalankan roda organisasi; siap melaporkan dan mempertanggungjawabkan kegiatan; menyerahkan laporan di akhir masa bakti; serta bersedia menerima sanksi jika melanggar. Rektor membacakan naskah sumpah jabatan dan diikuti oleh para pengurus ormawa masa bakti 2020.

Selain memberi selamat kepada pengurus baru, Rekrot juga menyebut bahwa menjadi seorang pengurus ormawa adalah sebuah keistimewaan, karena mewakili seluruh mahasiswa aktif di UIN Sunan Kalijaga. "Anggaplah saat ini mahasiswa UIN ada 30 ribu, maka beberapa yang hadir disini, sebagai pengurus adalah wakil dari seluruh mahasiswa UIN tersebut. Jadi, harus betul-betul dijaga amanah itu," tegas rektor.

Rektor juga mengapresiasi prestasi ormawa selama kepemimpinannya, banyak prestasi yang diraih ormawa sehingga mengharumkan nama kampus UIN Sunan Kalijaga dan berkurang kejadian-kejadian yang merugikan kampus.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Waryono, M.Ag., mengungkapkan rasa bangga dan syukurnya atas dilantiknya pengurus baru periode 2020. "Pelantikan kolektif seperti yang terlaksana saat ini adalah kali ketiga sejak 2018 pertama kali dilaksanakan," ungkapnya. "Pelantikan bareng hanya pengurus inti, nanti seluruh jajaran pengurus bisa dilaksanakan di internal masing-masing UKM. Demikian pula Permadani Bidikmisi."

Pengembangan kemahasiswaan adalah tugas kampus selain kegiatan akademik. Bagian Kemahasiswaan adalah bagian integral bersandingan dengan bagian akademik. Karena disana terwujud tugas kampus sebagai pembangun generasi masa depan Indonesia. Kampus UIN Sunan Kalijaga bertugas untuk melakukan pengembangan intelektual akademik mahasiswa serta penalaran dan bakat minatnya.

Waryono berharap melalui jembatan pelantikan ini, dapat tercipta mahasiswa yang mantap secara intelektual, berakhlaqul karimah, terbentuk karakternya, bagus sosial kemasyarakatannya, serta terbina kemampuan sesuai bakat minatnya. Paripurna bermanfaat bagi diri pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Adapun nama UKM yang dilantik antara lain: UKM Olahraga, UKM PPS (Perguruan Pencak Silat) Cepedi (Cepat Pembelaan Diri), UKM INKAI (Institut Karate Indonesia), UKM Tae Kwon Do, UKM PSM (Paduan Suara Mahasiswa) Gita Savana, UKM OG (Orkes Gambus) Al-Jamiah, UKM Teater Eska, UKM JCM (Jamaah Cinema Mahasiswa) Kine Club, UKM JQH (Jam’iyyatul Qurro’ wal Huffazh) Al-Mizan, UKM Kordiska (Korps Da’wah Islamiyah Sunan Kalijaga), UKM SPBA (Studi dan Pengembangan Bahasa Asing), UKM KOPMA (Koperasi Mahasiswa), UKM LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Arena, UKM MENWA (Resimen Mahasiswa), UKM PRAMUKA (Praja Muda Karana), UKM KSR PMI (Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia), UKM Mapalaska (Mahasiswa Pecinta Alam Sunan Kalijaga), UKM PIKM (Pusat Informasi dan Konsultasi Mahasiswa) Lingkar Seroja, UKM EXACT (Excellent Academic Community), dan UKM Kalimasada. (Doni/Aini).