Fakultas Sosial Dan Humaniora UIN Suka Selenggarakan AICoSH

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora menyelenggarakan Annual International Conference on Social Sciences and Humanities (AICoSH), 10-11/6/2020 secara virtual. Kegiatan AICoSH sendiri dilaksanakan setiap tahun dan merupakan forum internasional yang bertujuan untuk mempertemukan para akademisi dari dalam dan luar negeri. Pada tahun ini AICoSH diselengarakan secara virtual dikarenakan kondisi mewabahnya Covid-19 di Indonesia dan negara-negara lain di dunia yang belum mereda.

The 2nd AICoSH 2020 mengangkat tema besar “Crafting Madani Society 5.0: Issues and Perspective”. Society 5.0 menjadi tema utama AICOSH tahun ini karena penggunaan besar-besaran teknologi informasi dan komunikasi yang mengubah wajah industri dan melahirkan apa yang dikenal sebagai revolusi industri 4.0. Revolusi industri 4.0 tersebut telah memicu digitalisasi dan otomatisasi di berbagai sektor dalam proses industri, bahkan dalam perkembangannya, telah mendigitalisasi semua aspek dalam kehidupan. Menyikapi hal tersebut, pada tahun 2017, Perdana Menteri Jepang memperkenalkan konsep Society 5.0 dengan menitikberatkan pada aspek well-being para pengguna teknologi tersebut, misalnya dengan memanfaatkan big data dan artificial intelligence.

Konsep Society 5.0 ini terus menyebar dan konsep dasarnya terus dibentuk, terutama di negara-negara maju yang telah memiliki dasar dan kesiapan yang dibangun diatas masyarakat 4.0. Konsep ini menjanjikan munculnya potensi hubungan individu-teknologi dalam mendorong peningkatan kualitas hidup seseorang melalui masyarakat super pintar yang ditopang oleh penggunaan teknologi informasi berbasis big data dan artificial intellegence. Berdasarkan hal tersebut AICoSH akan membahas bagaimana ilmu sosial khususnya psikologi, sosiologi dan ilmu komunikasi menanggapi perubahan ini. Selain itu, diskusi mengenai peran ilmu sosial dalam memandu pembangunan sosial menanggapi konsep Society 5.0 dan masalah serta perspektif yang muncul dari desain dan implementasinya akan mewarnai the 2nd AICOSH 2020.

Secara lebih khusus, the 2nd AICoSH 2020 akan mengangkat tema yang mengarah pada masing-masing disiplin ilmu Sosial dan Humaniora, khususnya Sosiologi, Ilmu Komunikasi, dan Psikologi. Beberapa sub-tema yang akan didiskusikan dalam panel presentation, diantaranya Innovation studies and Social Change, Politic Identity, Public Policy and Democracy; Citizenship, Islamic Studies, Gender, New Media, Mental Health, Wellbeing in Moslem Society, and Family studies.

Rangkaian kegiatan dari AICoSH 2020 meliputi seminar internasional dengan pembicara dari berbagai insitusi baik dalam maupun luar negeri dan presentasi hasil penelitian terbaik oleh 10 peserta terpilih.

Pada hari pertama diselenggarakannya The 2nd AICoSH akan diisi oleh diskusi dan pemaparan oleh pembicara dari berbagai universitas di berbagai negara, yaitu Prof. Dr. Fritz Schulze (Georg-August-Univeritat Gottingen Germany), Dr. Yanuar Nugroho (Visiting Senior Fellow, ISEAS Singapore; Hon Fellow, Univ of Manchester, UK), Prof. Sulfikar Amir, Ph.D. (Nanyang Technological University Singapore), Dr. Roslan Abdul-Rahim (Sultan Azlan Shah University Malaysia), Dr. Priyambudi Sulistyanto (Flinders University, Australia), Achmad Uzair, S.IP., M.A., Ph.D. (Faculty of Social Sciences and Humanities UIN Sunan Kalijaga, Indonesia), Maya Fitria Hasbullah, S.Psi, M.A (Faculty of Social Sciences and Humanities UIN Sunan Kalijaga, Indonesia), Dr. (can) Fatma Dian Pratiwi, M.Si. (Faculty of Social Sciences and Humanities UIN Sunan Kalijaga, Indonesia).

Sedangkan pada hari kedua diselenggarakannya AICoSH beberapa peserta call for paper dari Pakistan dan Indonesia akan mempresentasikan hasil penelitian mereka secara live. Topik penelitian yang akan dipresentasikan tersebut, antara lain Into the Mind of Terrorist & Violent-Extermist : A Neuroscience Perspective & Review on Radicalization. Potrayal of Women in Khatt-e-Marmuz by Fehmida Riaz and Chahtain Kesi by Razia Butt, Mobile Application of Facial Analysis: Marketing Communication of Beauty Products and Facial Treatments in Society 5.0, Prayer and Self-Improvement after Hajj, The Influence of Culture Capital and Work Ethics on Productive Behavior of New Business Candidates, Analysis of Media Influence in Structuring a Political Position, Changes of Poor Family Behavior Through Family Development Session, Digital Monitoring Experience in Digital Media and The Internet, The Meaning of Romantic Korean Drama Films by Santriwati Interpretative Community-Baseddan Symbolic Interaction dan Sexual Behavior of the Adolescents Experiencing Internet Pornographic Addiction

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Annual International Conference on Social Sciences and Humanities, silahkan hubungi: +62 896-9998-9575(Astri Hanjarwati), Email : AICoSH@uin-suka.ac.id, Website : AICoSH.uin-suka.ac.id. (Weni/Panitia AICoSH)