Konferensi Nasional Language Community, Raihlah Mimpi dan Kemenangan Melalui Kemampuan Bahasa Asing

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, MA. Ph.D., mengatakan, kemampuan menulis, presentasi di hadapan publik dan kemampuan berbahasa Asing, paling tidak Bahasa Inggris dan bahasa Arab harusnya sudah dikuasai seseorang sejak masih kuliah. Oleh karenanya perlu terus dilatih dan perlu meluangkan waktu setiap hari secara rutin, hingga sebelum lulus sarjana sudah memiliki karya ilmiah yang bisa dipublikasi kalau bisa sampai ke jurnal internasional, dan bisa mempresentasikan karya-karyanya di hadapan publik. Disamping itu penguasaan salah satu bahasa asing juga penting. Kalau itu bisa dicapai, akan mempermudah seseorang mencapai karier seperti yang diimpikan.

Hal tersebut disampikan Prof. Yudian Wahyudi saat membuka Konferensi Nasional memperingati 2 tahun berdirinya Language Community UIN Sunan Kalijaga, bertempat di Gedung Prof. R.H.A. Soenarjo, Jum'at, 20/10/17.Language Community adalah forum pelatihan bahasa asing yang dimiliki para Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam FEBI), UIN Sunan Kalijaga.

Menurut ketua Language Community, Alhafidz Wahyudi, Language Community sudah 2 tahun ini berkiprah. Melalui komunitas ini para Mahasiswa FEBI berlatih kemampuan bahasa asing baik dalam tulisan, percakapan maupun presentasi dengan bahasa Asing. Saat ini telah memiliki 5 Devisi Bahasa Asing (Inggris, Arab, Jerman, Perancis, Korea Selatan) dan sedang dirintis dua Devisi lagi yakni Jepang dan Mandarin. Language Community juga berupaya memberikan pemahaman kepada para mahasiswa bahwa belajar bahasa asing itu mudah, menyenangkan dan tidak perlu keluar biaya yang mahal untuk menguasainya. Hanya perlu tips, tekun berlatih dan tidak malu konsultasi kepada ahlinya. Di UIN Sunan Kalijaga ini banyak ahli bahasa asing yang terbuka menerima konsultasi. Kata Hafidz.

Language Community juga memiliki Devisi yang bertugas melatih para mahasiswa memahami tips untuk memperoleh beasiswa luar negeri dan bagaimana mengurus proses belajar ke luar negeri. Melalui forum ini para Mahasiswa juga belajar dengan melakukan simulasi untuk mencapai impian sukses berkarier. Pada ulang tahunnya yang ke 2 ini Language Community membuka forum dialog dan ajang berbagi pengalaman dengan menyelenggarakan konferensi nasional bertajuk “Reach Your Dream and Be The Champion Trough Language” dengan menghadirkan 4 Narasumber antara lain: Ana Zahida, S.S., M.A., (Dosen Pusat Bahasa UIN Sunan Kalijaga), Anif E. Trisnadi (Peraih Beasiswa LPDP), Javier Ruis (International Volunteer of Character Building), Tiwuk Ekasari (International Education Counselor). 4 narasumber ini secara bergantian mempresentasikan perihal bagaimana tips melatih kemampuan berbahasa asing, strategi meraih beasiswa luar negeri dan cerita pengalaman kuliah di luar negeri.

Lebih lanjut Prof. Yudian Wahyudi mencontohkan, keberhasilannya saat ini tidak lepas dari pejuangannya secara akademik dan spiritual. Secara akademik, dengan setiap hari rajin membaca dan belajar menulis. Hingga pada saat kuliah di Harvard University telah berkesempatan mempresentasikan karya-karya akademiknya di 5 benua dan banyak karya bukunya yang berhasil diterbitkan di Oxford University. Sebagai Dosen PTAIN, dirinya juga berkesempatan menjadi anggota Asosiasi Profesor di Amerika. Secara spiritual, Prof. Yudian rajin mengamalkan Shalat Hajad dan Shalat Tahajud, membaca dan berupaya memahami Ayat-Ayat al Qur’an sebelum Shalat Subuh. Hasilnya, buku-buku Prof. Yudian tentang hukum Islam dan pemahaman ayat-ayat al Qur’an banyak dipakai sebagai rujukan umat Muslim seluruh dunia.

Prof. Yudian berharap, para mahasiswa saat ini selain rajin belajar, juga rajin mengasah spiritualitas. “Tekunlah meminta kepada Allah SWT agar dikaruniai kemampuan berbahasa, kemampuan menulis, lisan yang dipercaya, dan kunci-kunci kekuasaan Allah,” demikian kata Prof. Yudian (Weni Hidayati-Humas)

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'oci8' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: