Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Didaulat Menjadi President AIUA

Era globalisasi menuntut perguruan tinggi Islam mengembangkan pola pendidikan yang sesuai dunia internasional. Oleh sebab itu perlu kerjasama antar institusi dalam upaya meningkatkan kampus menjadi world class university. Peran kampus-kampus Islam ini tidak lagi bersifat nasional melainkan global.

Pada acara The 6TH Meeting & Biennial AGM Of Asian Islamic Universities Association (AIUA) Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D terpilih menjadi President of Asian Islamic Universities Association (AIUA). Kegiatan ini dihadiri Rektor Perguruan Tinggi Islam tingkat Asia yang digelar di IAIN Ternate, Jum’at-Sabtu (10-11/11) kemarin.

AIUA merupakan asosiasi dari kampus-kampus Islam di Asia yang berperan dalam memperkuat dan menjembatani pengembangan pendidikan Islam di seluruh dunia. Asosiasi ini bertindak sebagai platform bagi anggotanya untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan universitas melalui kemitraan dan kolaboratif bidang akademik.

Tujuan asosiasi ini adalah untuk membantu institusi anggota untuk memperkuat diri melalui saling membantu diri sendiri dan sesama institusi untuk mencapai tingkat internasional di bidang pengajaran, penelitian dan pelayanan publik terutama dalam pandangan Islam. Saat ini ada 40 kampus Islam yang bergabung menjadi anggota AIUA. Lembaga pendidikan ini terdapat di tiga negara yakni Indonesia, Malaysia, Brunai dan Thailand. (Khabib/humas)