Fakultas Saintek Sosialisasi Internal Pembukaan Prodi S2 Teknik Informatika Melalui Family Gathering

Program pengembangan akademik terkadang banyak menyita waktu di kantor para pegawai dan dosen, sehingga mengurangi waktu kebersamaan dengan keluarga. Demikian juga di saat saat mempersiapkan visitasi akreditasi dan pembukaan Program Pascasarjana Teknik Informasika di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga. Oleh karena itu untuk memberikan pemahaman kepada semua keluarga para pegawai dan dosen, agar ketika suami atau istri banyak lembur dikantor, di maklumi dan bahkan mendapatkan dukungan dari keluarga, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan Family Gathering, di obyek wisata keluarga, Kid Funs, Minggu, 8/6/18.

Dalam agenda tersebut selain dilaksanakan halal bi halal, Fakultas Sains dan Teknologi juga melakukan sosialisasi internal dibukanya Program Pascasarjana Teknik Informatika. Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Murtono, M.Si., dalam sambutan pembukaannya pada forum ini antara lain menyampaikan, momen syawalan, selain sebagai wahana halal bi halal, bagi ASN hendaknya juga dimaknai sebagai momen peningkatan, meningkatnya ketaqwaan kepada Allah SWT, meningkatnya hubungan baik dengan sesama, sampai dengan meningkatnya etos kerja di kantor. Sehingga syawalan mengandung makna positif terhadap pengembangan akademik Fakultas Saintek.

Hal ini telah terbukti, selama masa kepemimpinanya yang telah memasuki 2 tahun pada 1/7, telah banyak melahirkan peningkatan-peningkatan. Diantaranya, kini fakultas tela memiliki 4 Prodi yang terakreditasi A dan BAN – PT (Prodi Pendidikan Kimia, Kimia, Matematika, Teknik Informatika). Prodi Pendidikan Kimia terakreditasi internasional dari AUN-QA. Prodi Teknik Informasika sedang dalam proses pengajuan akreditasi internasional IABEE. Berhasil dibukannya Program Pascasarjana Teknik Informatika dan tidak lama lagi Program Pascasarjana Teknik Industri, proposal sudah terkirim ke Kemenristekdikti, tinggal menunggu ijin keluar. Saat ini juga sedang pengajuan peningkatan akreditasi untuk Prodi Teknik Industri, Pendidikan Biologi, Pendidikian Fisika, Fisika. Borang telah masuk ke BAN-PT. Dr. Murtono berharap akhir kepemimpinannya tahun 2020 nanti semua Prodi sudah dalam proses pengajuan Borang dapat meraih akreditasi A. Semua itu bukan mustahil jika semua anggota keluarga besar Fakultas Fakultas Saintek memberikan dukungannya dengan sepenuh hati.

Melalui agenda family gathering ini Pihaknya berharap, akan terjalin keakaban dan dukungan sepenuh hati keluarga besar Fakultas Sains dan Teknologi untuk memajukan fakultas tercinta ini, demikian kata Dr. Murtono.

Kabag TU Fakultas Saintek, Drs. Mujiadi, M. Si., menambahkan, budaya halal bi halan, masyarakat juga menyebutnya dengan syawalan, karena dilaksanakan di bulan syawal bisa diambil dasarnya dari Q.S. Ali Imron ayat 133 s/d 135, yang intinya Allah SWT memerintahkan kepada manusia untuk bersegera mencari ampunan kepada Allah SWT untuk meraih surga yang luasnya seluas langit dan bumi disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa. Dilanjutkan dengan perintah untuk berinfak, menahan amarah dan memaafkan orang lain. Kemudian perintah kepada manusia apabila berbuat keji atau zalim, agar segera memohon ampunan dan tidak mengulangi perbuatan keji atau zalim lagi. Jika semua perintah itu bisa dilakukan, maka akan bisa diraih derajad taqwa dan Allah telah menyediakan surga begi manusia yang bisa meraih derajat taqwa, jelas Mujiadi.

Mujiadi berharap, perintah Allah yang dijelaskan pada Q.S. Ali Imron tersebut bisa berimbas pada keluarga besar Fakultas Saintek dalam melatih kesabaran, terutama ketika suami atau istri lebih banyak berada di kantor dan kurang memperhatikan keluarga. Semua dilakukan semata mata adalah tugas kedinasan untuk memperjuangkan akreditasi fakultas.

Dan semua kesabaran dan jerih payah keluarga besar Fakultas Saintek telah bisa dinikmati hasilnya. Karena saat ini Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga bisa meraih akreditasi A untuk 4 prodi (Teknik Informatika, Pendidikan Kimia, Kimia, Matematika) dari 10 prodi yang ada, serta memiliki Program Magister Teknik Informatika. Kerja besar masih berlanjut, yakni; untuk meraih akreditasi A untuk 6 prodi lagi, meraih akreditasi internasional untuk Prodi Teknik Informatika dari IABEE, pembukaan Program Magister Teknik Industri dan rencana pembukaan Fakultas Teknik. Oleh karenanya masih dituntut kesabaran dan kerja keras keluarga besar Fakultas Saintek agar cita-cita tersebut bisa terwujud, demikian harap Mujiadi.

Acara family gathering kali ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Adminitrasi Umum , Perencanaan dan Keuangan, Dr. Phil Sahiron, MA., yang dalam sambutannya antara lain menyampaikan tentang agenda-agenda besar UIN Sunan Kalijaga, seperti; program pelatihan bahasa Inggris dan TI untuk para dosen, tendik dan alumni dalam rangka meningkatkan profesionalitas dan pelayanan prima, pelatihan bahasa Arab untuk para dosen Fakultas Saintek dan Isoshum dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang sumber-sumber keilmuan, serta melanjutkan program 5000 Doktor. Program besar yang lain adalah menyelesaikan agenda pembebasan tanah kampus II di Pajangan. (Weni)

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'oci8' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: