Dosen

Profil Umi Baroroh

Nama : Dr. Hj. R Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag.
NIP : 19720305 199603 2 001
NIDN : 2005037202
Program Studi : Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status : Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan : Lektor | III/D
Email :
Pendidikan Terakhir : S3

Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Dr. Hj. R Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag. Di Semester Genap TA 2019/2020
No Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1. Peer Teaching/PPL I 2 WAJIB I MIN 07:00-08:40 R: TBY-203
2. Pendekatan dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab 2 WAJIB A1 SEL 12:30-14:10 R: TBY-106
3. Pendekatan dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab 2 WAJIB A2 SEL 14:20-16:00 R: TBY-106
4. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab 4 WAJIB A SEL 10:30-12:10 R: TBY-211B#KAM 12:30-14:10 R: TBY-408
5. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab 4 WAJIB B SEL 08:45-10:25 R: TBY-211B#KAM 10:30-12:10 R: TBY-311
6. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab 4 WAJIB C SEN 14:15-15:55 R: TBY-408#KAM 08:45-10:25 R: TBY-408
7. Pengembangan dan Penulisan Bahan Ajar* 4 PILIHAN C SEN 12:30-14:10 R: TBY-106#RAB 14:15-15:50 R: TBY-408
8. Skripsi 6 WAJIB D SAB 12:00-13:00 R: TBY-108
9. at-Tadrib al-�Amali fi Tadris al-Lughah al-�Arabiyah (Uji Kompetensi) 2 WAJIB B JUM 13:00-14:40 R: TBY-404

No. Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1. S3 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Kependidikan Islam M. Ag. 2018
2. S2 IAIN Sunan Kalijaga Pemikiran Pendidikan Islam S. Ag 2001
3. S1 IAIN Sunan Kalijaga Perbandingan Bahasa Arab Dr. 1995

# TAHUN KARYA
Jurnal Ilmiah
1 Metode Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab dalam Arabia.
2 2015 Kebijakan Pendidikan Nahasa Arab pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal dalam Al-Mahara Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.

# TAHUN KARYA
Melakukan penelitian
1 2017 Efektivitas Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Inklusif bagi Mahasiswa Difabel Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga tahun 2017.
2 2015 Peningkatan Pembelajaran BahasaArab di Madrasah Non Pesantren di Indonesia melalui Indeks Kata dan Frasa dalam Bahan Ajar Bahasa Arab.

# TAHUN KARYA
Memberi pelayanan kepada masyarakat
1 2018 Pemberdayaan Jamaah Pengajian Ibu-Ibu Melalui Baitul Mal .
2 2018 Mengisi Kajian setiap Malam Sabtu Pon di Pengajian Ibu-Ibu Tumut Rw. 12 .
3 2018 Pengembangan kualitas Guru-Guru KB RA Riyadus Salihin melalui Pembinaan setiap hari Sabtu .
4 2017 Pemberdayaan Jamaah Pengajian Ibu-Ibu Melalui Baitul Mal .
5 2017 Mengisi Kajian setiap Malam Sabtu Pon di Pengajian Ibu-Ibu Tumut Rw. 12 .
6 2017 Pengembangan kualitas Guru-Guru KB RA Riyadus Salihin melalui Pembinaan setiap hari Sabtu .
7 2017 Mengisi Kajian Penting di Masjid Tunas Melati .
8 2017 Mengisi Kajian Pengajian Ibu-Ibu Masjid Abu Bakar Mandungan setiap Ahad II .
9 2016 Pemberdayaan Jamaah Pengajian Ibu-Ibu Melalui Baitul Mal .
10 2016 Menyusun Program Pengabdian Masyarakat “Living al Qur’an dan Hadis dalam Penanaman Karakter di KB-RA Riyadus Salihin Tumut Sumbersari Moyudan Sleman .
11 2016 Mengisi Kajian Pengajian Ibu-Ibu Masjid Abu Bakar Mandungan setiap Ahad II .
12 2016 Mengisi Kajian setiap Malam Sabtu Pon di Pengajian Ibu-Ibu Tumut Rw. 12 .
13 2016 Pengembangan kualitas Guru-Guru KB RA Riyadus Salihin melalui Pembinaan setiap hari Sabtu .
14 2015 Menulis karya pengabdian masyarakat “Bahasa Arab di TPA-KB-RA Riyadus Salihin Semester Genap Tahun Ajaran 2014-2015 .
15 2015 Pemberdayaan Jamaah Pengajian Ibu-Ibu Melalui Baitul Mal .
16 2015 Pengembangan kualitas Guru-Guru KB RA Riyadus Salihin melalui Pembinaan setiap hari Sabtu .
17 2015 Mengisi Kajian setiap Malam Sabtu Pon di Pengajian Ibu-Ibu Tumut Rw. 12 .