English

Sejarah

IAIN (sekarang UIN) untuk pertama kalinya menorehkan namanya di PMI Cabang Kota Madya Yogyakarta (sekarang kota Yogyakarta) dimulai tahun 1988. Dari tahun ketahun terjadi peningkatan jumlah anggota dari IAIN yang memungkinkan untuk dibentuk menjadi kelompok. Akhirnya pada tahun 1992 dibentuklah tim pendiri UKM atau kelompok. Tim tersebut mengajukan proposal pendirian Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indionesia (UKM KSR PMI) kepada Senat Mahasiswa Institut (SMI). Tidak hanya cukup dengan proposal saja, namun harus dilengkapi dengan tanda tangan 8 UKM yang telah ada di lingkungan IAIN Sunan Kalijaga. Namun SMI pada waktu itu belum memperkenankan adanya UKM baru di IAIN dengan adanya Surat nomor 28/A/SMI/IAIN/06/1992.

Setelah mengikuti kegiatan lokakarya dan latihan KSR PMI Unit Perguruan Tinggi dari tanggal 23-25 Januari 1993 di IKIP Malang (sekarang Universitas Negeri Malang), kemudian ditindaklanjuti dengan mengajukan proposal ke beberapa pihak terkait., melalui surat bernomor 202/SMI/IAIN/XII/1993, tanggal 3 Desember 1993 SMI memberikan rekomendasi berdirinya UKM KSR PMI, disusul Institut dengan nomor IN/R/PP.009/4029/1993, disusul PMI Cabang Kodya Yogyakarta dengan rekomendasi bernomor 13/I/Sekr-Um/1994. 6 Januari 1994.

Akhirnya pada tanggal 24 Januari 1994 Rektor IAIN Sunan Kalijaga mengeluarkan Surat Keputusan bernomor 11 tahun 1994 tentang Pembentukan Pengurus KSR PMI Kelompok IAIN, dan SK nomor 12 tahun 1994 tentang Pembentukan KSR PMI Kelompok IAIN Sunan Kalijaga. Akhirnya pada tanggal 16 April 1994 KSR PMI resmi sebagai salah satu UKM di lingkungan IAIN Sunan Kaljaga dan sebagai Kelompok di lingkungan PMI Cabang Kota Yogyakarta dengan nama “KSR PMI Kelompok IAIN Sunan Kalijaga”yang ditandai dengan penandatanganan “Naskah Berita Acara” oleh Ketua PMI Cabang Kota Yogyakarta dan Ka. Biro ADKUMNA (ADKUM) IAIN Sunan Kalijaga.

Setahun kemudian, KSR PMI Kelompok IAIN Sunan Kalijaga telah mampu memenuhi persyaratan untuk melepaskan diri dari Unit 1 Markas dan membentuk Unit sendiri. Tepat tanggal 13 Juni 1995, KSR PMI Unit VII IAIN Sunan Kalijaga secara resmi berdiri sebagai Lembaga intra kampus IAIN Sunan Kalijaga dan sebagai KSR PMI Unit VII di lingkungan PMI Cabang Kota Yogyakarta. Seiring dengan terkonversinya IAIN menjadi UIN Sunan Kalijaga, maka KSR PMI Unit VII IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyesuaikan diri berganti menjadi KSR PMI Unit VII UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Aktivitas

Sebagai ujung tombak relawan Palang Merah Indonesa dan Unit ke VII dari KSR PMI Kota Yogyakarta serta lembaga intra kampus UIN Sunan Kalijaga, KSR PMI berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dan masyarakat umum. Aktivitas pengabdian masyarakat yang dilaksanakan adalah :

  1. Pelayanan bantuan pertolongan pertama dan donor darah 24 jam
  2. Pelayanan bantuan medis dasar kepada civitas akademika UIN dan masyarakat umum diantaranya sebagai tim medis Opak, keakraban, pendakian gunung, kejuaraan olahraga/bela diri, out bound, konser musik, sepeda gembira, satgas lebaran, sekaten, karnaval dan event-event berskala nasional di kota Yogyakarta.
  3. Pembinaan Palang Merah Remaja di SD, SMP, dan SMA baik negeri maupun swasta di lingkungan Kota Yogyakarta.
  4. Sosialisasi PP (Pertolongan Pertama), HPI (Hukum Perikemanusiaan Internasional) dan ICBRR (Integrated Community Based Risk Reduction/ Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Masyarakat) kepada masyarakat.
  5. Bakti sosial dan aktif dalam berbagai kegiatan penanganan bencana di Indonesia.

Prestasi

KSR PMI Unit VII telah mampu menorehkan nama di tingkat nasional dengan mengadakan berbagai kegiatan yang variatif, baik skala lokal, regional maupun nasional. Yakni kegiatan Pelatihan Single Rope Technique KSR PMI Unit PT se wilayah B (Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Kalimantan), Bhakti KSR tingkat nasional, Kursus Diseminator Hukum Perikemanusiaan Internasional se wilayah B, Seminar Donor Darah, Seminar Kesehatan, Red Cross Expo 2009, pelatihan SAR Darat Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga tahun 2007, pelatihan SAR Air Mahasiswa UIN 2011, pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat 2010 dan 2011, Wahana Jumpa Prestasi PMR Wira (2011), dan Seminar Nasional Hukum Perikemanusiaan Internasional (HPI) tahun 2012. Selain mengadakan berbagai kegiatan, KSR PMI Unit VII juga turut mengirimkan delegasi dalam berbagai kegiatan seperti Temu Karya KSR PMI se Indonesia (2002), Temu Bhakti KSR Unit PT di Makasar (2001), Temu Bhakti KSR Unit PT di Univ. Lampung (2003), Invitasi Pendidikan Remaja Sebaya dan Seminar Nasional KSR PMI se Indonesia II di UNDIP Semarang (2003), Lomba Cerdas Cermat KSR se DIY di UAD (2003), LATGAB KSR PMI se DIY di UNY (2004), Pelatihan Community Based Programmes Nasional dan Semiloka KSR PMI Unit PT di UNS, Solo (2006), Pelatihan SAR Darat Nasional di IAIN Mataram, Lombok (2007), Youth for Climate Change di Jawa Barat (2011). KSR PMI Unit VII UIN Sunan Kalijaga mendapat kunjungan dari berbagai macam KSR PMI Perguruan Tinggi di Indonesia serta Palang Merah Korea pada tahun 2006 dan 2010. Selain itu, KSR PMI juga aktif dalam berbagai kegiatan penanganan bencana seperti Tsunami di Aceh, Gempa bumi di Padang dan Yogyakarta, serta Letusan Gunung Merapi dan Banjir Lahar Dingin di Yogyakarta.

Direktori

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Invalid argument supplied for foreach()

Filename: views/right_side_1.php

Line Number: 10



Arsip