English

UKM ini terbentuk atas bergabungnya dua komunitas, yakni Jam’iyyah al-Qurra’ Al-Mizan yang berada dibawah naungan BEM Fakultas Syari”ah dan Halaqah Hifzh al-Qur’an yang berada dibawah naungan BEMJ Tafsir Hadis-Ushuluddin. Pada tanggal 28 Oktober 1998 kedua komunitas ini bersatu menjadi Jam’iyyah Qurra’ wa al-Huf fazh ”AL­MIZAN” dengan tiga divisi, yaitu divisi tilawah, divisi tahfizh dan divisi tafhim. Pada masa kepengurusan 2001-2002, tiga divisi tersebut ditambah lagi satu divisi, yaitu divisi kaligrafi. Sementara itu pada kepengurusan selanjutnya, yaitu masa kepengurusan 2002-2003, divisi tafhim diubah namanya menjadi divisi tafsir, dan pada kepengurusan 2003-2004 terjadi lagi penambahan divisi, yaitu divisi shalawat yang sebelumnya merupakan bagian dari divisi tilawah. Kelima divisi ini (Tilawah, tahfizh, tafsir, kaligrafi dan shalawat) masih bertahan hingga masa kepengurusan 2004-2005 ini.

JQH al-Mizan memiliki visi "Terciptanya masyarakat Kampus yang bernuansa Qur’ani serta misi membentuk kepribadian mahasiswa yang ber-akhlakul karimah dan berwawasan Qur”ani. Untuk menyukseskan visi dan misi tersebut, JQH Al, Mizan mengadakan berbagai kegiatan yang mendukung selain latihan rutin. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain adalah Pendidikan dan pelatihan, studi komparatif ke lembaga-lembaga pengembangan Al­Qur”an, mengadakan MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) untuk beberapa cabang perlombaan, Sima’an Al-Qur’an setiap 2 bulan sekali, Haflah Tilawatil Qur’an, Bedah buku dan kitab tafsir, pameran kaligrafi Arab serta pentas shalawat yang biasa diselenggarakan saal milad JQH Al-­Mizan.

Dalam perkembangannya, JQH Al-Mizan telah menghasilkan berbagai prestasi, antara lain Juara I Kaligrafi cabang dekorasi dalam MTQ mahasiswa tingkat nasional di Unpad, Juara Harapan I Syarhil Qur’an dalam MTQ mahasiswa tingkat nasional di Unpad, juara umum shalawat dalam festival Internasional Walisongo tahun 2002, dan lain-lain.

Direktori
...
Program
D3, S1, S2, S3, dan Profesi
...
Fakultas
8 Fakultas dan Pascasarjana
...
Pusat Studi
38 Pusat Studi
...
Dosen
A - Z Staf Pengajar


Arsip