English

UKM Studi dan Pengembangan Bahasa Asing adalah UKM termuda yang ada di lingkungan IAIN Sunan Kalij aga Yogyakarta. Dengan misi utama mengembangkan bi”ah lughawiyah UKM ini berdiri tanggal 12 September 1999, meskipun saat itu belum mendapat SK Rektor, sehingga untuk sementara berbagai kegiatannya dipusatkan di serambi masjid IAIN Sunan Kalijaga. Baru pada pertengahan tahun 2000 UKM SPBA ini secar, resmi mendapatkan SK dan Kantor Sekretariat.

Awalnya UKM ini bernama UKM Bahasa Asing, namun pada saar musyawarah anggota tahun 2003, terjadi kesepakatan untuk mengubah nama menjada UKM Studi dan Pengembangan Bahasa Asing (SPBA) untuk lebih menggambarkan kegiatan dan tujuan dari dibentuknya UKM ini.

Pada waktu pertama kali berdiri, UKM ini memiliki tiga departemen, yaitu Departemen Bahasa Inggris, Arab dan Perancis Beberapa program yang saat ini berjalan adalah :

1. Departemen Bahasa Inggris: Sunday Evening Meeting, Translatior English Dub, English Corner, Discussion with Native Speakei

2. Watching Movies, dan Learning Grammar and Vocabularies. Selain itu ada program yang sifatnya “keluar” seperti Language Travelling, Study Comparative, serta mengembangkan network ke berbagai lembaga dan kursus bahasa yang ada di Yogyakarta seperti EDSA (UNY), HMJ BSI (Univ Sanata Dharma), Balairung UGM, IEC, CMC, EF, HMABSI (Himpunan Mahasiswa dan Sastra Inggris), dan lain-lain.

3.Departemen Bahasa Arab : Zawiyatul Lughah al-Maidu’iyyah, Lailah Mughamarah, Muhadasatu Ma’a Nathiq al-Ashli, Ta”ammiqu al-Qawa’id al-‘Arabiyyah, Musyahadatu Tilfaz wa Bastuhu, Sima”at min Syarith al Lughawy, Firqoh Tarjamah, dan Rihlah Lughawiyah. Departeman ini juga menjalin kerja sama dengan BEMJ pendidikan bahasa Arab, BEMJ Bahasa dan Sastra Arab, BEMJ bahasa Arab (Fakultas Islam Universitas Ahmad Dahlan), HMJ bahasa Arab ABAYO, IMABA (Ikatan Masyarakat Asia Barat) UGM, HMJ Bahasa dan Sastra Arab STAIN Malang, Pusat Bahasa UIN, LABFA dan lain-lain.

4.Departemen Pers: Penerbitan Majalah Nailofar, Penerbitan Buletin “Lingua” sebulan sekali sejak periode 2004-2005, penerbitan majalah dinding shautul ushfur dua minggu sekali, juga training jurnalistik.

Direktori
...
Program
D3, S1, S2, S3, dan Profesi
...
Fakultas
8 Fakultas dan Pascasarjana
...
Pusat Studi
38 Pusat Studi
...
Dosen
A - Z Staf Pengajar


Arsip