English

1.Introduction

Jama’ah Cinema Mahasiswa (JCM) Kine Club IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah Unit kegiatan non-profit yang mewadahi peminat, penggembangan dan pengamat Cinema yang terdiri dari individu yang concern dan peduli terhadap perkembangan cinema dan budaya dalam masyarakat. JCM didirikan pada tanggal 29 Oktober 1993, dan diresmikan menjadi UKM dengan SK rektor IAIN Sunan kalijaga pada tanggal 17 Oktober 1997, serta resmi menjadi anggota SENAKK (Sekretariatan Nasional Kine Club Indonesia) pada 01 Desember 1997.

2.Dua Langkah Strategis Yang ditempuh JCM Adalah :

a.Kepada masyarakat umumnya dan Mahasiswa khususnya dalam bentuk kampaye serta pendidikan kesadaran bermedia. Baik lewat program pelatihan, workshop, diskusi dan apresiasi karya sinematografi maupun dengan memutar film-film alternatif atau film seni dan juga film hiburan.

b.Kepada pelaku perfilman dalam bentuk penghargaan yang memacu idealisme dan kreatifitas mereka . untuk ini JCM mempunyai program khusus berupa pemberian nugrah (penghargaan) ”Su’alik award” kepada sudradara atau sineas indonesia yang (menurut 1CM) dian22ap telah mampu menghasilkan film-film berkualitas.
3.Tujuan Jama”ah Cinema Mahasiswa (JCM)

a.Terciptanya proses komunikasi dialogis antara sineas, aktor dan penonton film, baik yang terwadahi dalam kine dub maupun di luar.

b.Mensosialisasi pentingnya media filmatai cinema bagi kehidupan dan budaya sebuah bangsa dengan menj adikan film sebagai teks yang sudah semestinya harus dikaji dan didiskusikan.

c.Tranformasi wacana tentang urgensi perfilman dalam pemberdayaan civil siciaty dikalangan masyarakat kampus dan masyarakat umumnya.

d.Mentradisikan budaya kritis terhadap perkembangan media perfilman ditengah-tengah kehidupan berbangsa agar tidak terjebak dalam perselisiahan.

e.Mengakumulasi ide, pikiran dan semangat baru dalam usaha pengembangan perfilman Indonesia, menuju sinema yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

f.Membedah kualitas film Indonesia sebagai upya menjadikan film Indonesia ke arah yang lebih berkualitas

Film bukan sekedar hasil karya seni secara kolektif, tetapi film adalah media komunikatif yang sangat penting dan efektif dibanding media komunikasi lainnya. Karena film merupkan satu-satunya seni yang mampu mewakili (representatif) kompleksitas zaman ini. Film ini juga mewakili nafsu kita yang hampir tanpa batas, pertempuran ide, teknologi, transformasi dan pertempuran uang-pun ada dalam film.

Kegiatan-kegiatan Jama’ah Cinema Mahasiswa (JCM) Kine Club UIN Sunan kalijaga Yogyakarta adalah :

1.Yang sudah dilaksanakan :

a.Apresiasi film setiap minggu.

b.Pekan pemutaran dan bedah Film "Novel Tanpa Huruf "R" bekerja sama dengan Tit”s Producti Jakarta. Sutradara : Aria kusuma dewa

2.Yang akan dilaksanakan :

a.Workshop dan produksi film pada tanggal 21-31 Oktober 2004

b.Mengadakan perpustakaan Sinema

c.Seminar perfilman

d.Diskusi-diskusi publik

e.Apreasiasi Film

f.Pemutaran film INDI (Independent) di kampus.

Direktori

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Invalid argument supplied for foreach()

Filename: views/right_side_1.php

Line Number: 10



Arsip