English

LATAR BELAKANG KARATE

Nama Karate pertama kali diperkenalkan oleh Bapak Karate dunia Gichin Funakoshi pada sekitar tahun 1929 sebagai penyatuan dan pembaharuan dari berbagi aliran bela diri yang telah ada di Okinawa pada waktu itu, dan pada tahun 1935 dengan ditandai terbitnya buku “Karate-Do “Kyohan” (Gichin Funakoshi) maka karate telah berhasil tegak kokoh sebagai satu sistem beladiri yang mandiri dan lengkap.

BERDIRINYA INKAI DI UIN SUKA

Institut Karate-Do Indonesia (INKAI) adalah seni beladiri yang berasal dari negeri sakura Jepang. INKAI didirikan atau dipelopori Oleh salah satu Guru besar Karate Indonesia (Sabeth Muchsin) pada tanggal 15 April 1971. Dan INKAI adalah bagian dari beberapa organisasi atau lembaga yang bergerak di bidang pendidikan Karate di Indonesia yang bernaung di bawah FORKI (Federasi Olah Raga Karate-Do Indonesia) sebagai suatu lembaga pendidikan Karate di Indonesia INKAI saat ini telah berkembang pesat dan tersebar di seluruh Indonesia.

Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sendiri, INKAI mulai menjadi salah satu UKM dan diresmikan pada tanggal 16 April 1979 oleh Rektor IAIN (UIN SUKA) yang pada saat itu adalah Bapak H. Zaeni Dahlan, MA. Perkembangan INKAI sebagai salah satu UKM di UIN sendiri ternyata sangatlah pesat. Hal tersebut terbukti dengan intensitas latihan yang tak pernah nihil, dan sekarang anggota yang masih eksis kurang lebih sebanyak 200 anggota.

FOKUS KEGIATAN UKM INKAI UIN SUKA

UKM INKAI sendiri memiliki fokus kegiatan Latihan dan Organisasi. Latihan rutin dilakukan untuk terus mencetak atlet-atlet yang juara dan mampu bersaing di tingkat perguruan tinggi, daerah, provinsi maupun nasional. Latihan dilaksanakan setiap hari Rabu, Jum’at dan Minggu jam 15.30 di kampus UIN Sunan Kalijaga sebelah timur depan kantin Fakultas Dakwah. Tidak hanya latihan rutin, UKM INKAI juga mengadakan Training Center (TC) untuk memfokuskan para atlet-atlet menghadapi kejuaraan-kejuaraan. TC ini dilakukan setiap malam Sabtu malam dan Senin malam di aula utama Student Center UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Atlet-atlet yang dimiliki UKM UIN Sunan Kalijaga tidak hanya mahasiswa UIN Sunan Kalijaga namun juga dari sekolah-sekolah & perguruan tinggi yogyakarta, seperti Universitas Janabadra, STIE IEU, AMIKOM, IST AKPRIND, SMA N 3 Banguntapan dan sebagainya. Karena itu penerimaan anggota baru UKM INKAI UIN terbuka untuk semua kalangan dan usia. Tidak hanya terbatas pada sekitaran mahasiswa UIN semata. Tapi mahasiswa kampus lain dan pelajar dari TK sampai SMA atau yang sederajatnya. UKM INKAI UIN juga mengundang dan mengajak para karateka-karateka dari perguruan lain yang tercatat sebagai mahasiswa di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk berlatih bersama menjadi atlit dan meraih juara dalam banyak event kejuaraan yang diselenggarakan oleh FORKI dalam tingkat daerah, nasional, maupun internasional.

PRESTASI UKM INKAI UIN SUKA

Prestasi INKAI ternyata mampu bersaing di tingkat perguruan tinggi, daerah, propinsi, dan bahkan pernah berlaga di Pekan Olah Raga Nasional (PON). Adapun prestasi yang pernah diraih antara lain Juara Umum I UNY Cup, Juara Umum I Kejurda Karate DIY, Juara Umum II Sunan Kalijaga Cup II, Juara Umum III Piala Rektor UGM, Juara Umum III Piala Rektor UGM, Juara umum III Kejurkab Sleman 2010 , Juara Umum II Kejurkab Sleman 2011 dan yang terakhir pada april 2012 mendapatkan posisi juara ke-5 KEJURNAS Sunan Kalijaga Cup VIII. KEJURNAS Sunan Kalijaga Cup merupakan program kerja 2 tahun sekali yang dimiliki UKM INKAI UIN SUKA berskala Nasional setiap tahun genap. Dan dalam tiga tahun terahir ini (2008-2011) UKM Inkai UIN telah meraih lebih dari 100 Medali (terdiri dari emas, perak, dan perunggu) seperti dalam Kejuaraan Se Jawa-Bali UNY Cup, Kejurnas INKAI Cibubur, Wali kota CUP DIY, PORDA DIY, Porpof DIY, Kejurnas KKYSN, Kejuaraan OPEN UIN Syarif Hidayatullah, Kejurda INKAI, Kejurnas Antar Mahasiswa UNS CUP, dan POMDA (Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah) D. I. Y 2011 sekaligus dipercaya oleh BAPOMI sebagai Universitas penyelenggara kejuaraan cabang olahraga karate selama 3 tahun berturut-turut. Kemudian pada Tahun 2012 ini banyak kejuaraan yang akan diselenggrakan, seperti Kejuaraan nasional UNY CUP, Kejuaraan Karate Terbuka DANDIM 0734/ Yogyakarta Cup 11 SeJawa – Sumatera dan sebagainya.

PROGRAM KERJA UKM INKAI UIN SUKA

Selain program Latihan dan mengikuti kejuaraan-kejuaraan seperti yang tertera diatas, UKM INKAI juga memiliki fokus kegiatan Organisasi. Keorganisasian UKM INKAI UIN Sunan Kalijaga mempunyai program rutin seperti Seminar, Latihan Alam, Kejurtas dan Training Organisasi & Outbond. Tidak hanya itu UKM INKAI UIN Sunan Kalijaga juga mampu menyelenggarakan event-event besar seperti KKYSN (Kejuaraan Karate Junior Senior Nasional) “Sunan Kalijaga CUP” yang diikuti oleh Karateka dari seluruh penjuru Indonesia dan bahkan dalam KKYSN VII kemarin bukan ada sekitar 1200 kelas dan 900 lebih peserta yang ikut serta kejuraan nasional tersebut. Kejuaraan yang ke VIII telah terselenggara dengan sukse pada tanggak 10-31 April 2012 lalu yang didikuti 78 kontingen dari seluruh penjuru nusantara.

Direktori
...
Program
D3, S1, S2, S3, dan Profesi
...
Fakultas
8 Fakultas dan Pascasarjana
...
Pusat Studi
38 Pusat Studi
...
Dosen
A - Z Staf Pengajar


Arsip