Olimpiade Psikologi

Hari:Jumat s.d. Sabtu
Tanggal:27 Oktober 2017 s.d. 28 Oktober 2017
Jam:08:00:00 s.d. 16:00:00 WIB
Tempat:MULTIPURPOSE MP-101
Deskripsi :

Daerah Istimewa Yogyakarta kali ini akan menjadi tuan rumah dalam kegiatan Olimpiade Psikologi Indonesia (OPI) ke-4. Acara dua tahunan ini pun menjadi ajang yang paling bergengsi bagi kalangan mahasiswa-mahasiswi Psikologi seluruh Indonesia, karena akan memperebutkan medali dari 11 mata lomba yang diselenggarakan, serta juara umum dan trophy Piala bergilir dari HIMPSI Pusat (Himpunan Psikologi Indonesia). Maka tak heran, jika antusias dan euforianya juga sangat terasa bagi kalangan civitas akademika Psikologi khususnya mahasiswa.

Yang lebih menariknya lagi, pembukaan Olimpiade Psikologi Indonesia tahun ini akan dilaksanakan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tanggal 26 Oktober 2017 tepatnya di Gedung Prof. H.M Amin Abdullah. Persiapannya sudah jauh dilakukan demi menyambut kontingen-kontingen seluruh Indonesia. Rencananya, akan hadir pula Kanjeng Gusti Pangeran Arya Adipati (KGPAA) Paku Alam X (Wakil Gubernur DIY) untuk ikut serta membuka kegiatan ini.

“Sebenarnya, OPI ini ada banyak cabang lomba. Serangkaian lomba dalam OPI antara lain ialah Psychoclimb, Psychodebate, Psychoinovation, Psychovoice dan lain sebagainya. Kalau di UIN, selain pembukaan juga menjadi tuan rumah lomba Psychoposter. Tempatnya di FISHUM. Kita juga bekerja sama dengan HM-PS Psikologi serta jajaran Dekanat dan Dosen Psikologi serta Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) wilayah Yogyakarta sebagai media pendukung,” Jelas Emira Salma salah satu mahasiswa Psikologi yang menjadi panitia kegiatan ini.

Prodi Psikologi juga akan mengirimkan kontingen yang akan berlaga dan ikut berkompetisi. Segenap persiapan telah dilakukan, mulai dari seleksi peserta kontingen dan juga pembentukan tim Olimpiade. Doa dan dukungan dari berbagai elemen-elemen mulai dari Dekan FISHUM, Dr. Mochamad Sodik S.Sos., Wakil Dekan III Dr. Sulistyaningsih, M.Si, dan Ketua Prodi Psikologi Dr. Mustadin, M.Si, menjadi motivasi tersendiri bagi peserta kontingen Psikologi UIN Sunan Kalijaga.

Tidak hanya itu, dukungan juga datang dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Waryono, M.Ag. Dukungan dari banyak pihak akan menjadi bekal yang sangat kuat bagi peserta kontingen UIN Sunan Kalijaga untuk memberikan hasil yang terbaik dalam Olimpiade kali ini. “Sebagai tuan rumah Olimpiade Psikologi, kita harus berjuang, memaksimalkan, dan mempersembahkan hasil yang sangat baik bagi kampus kita ini,” Tutur Dr. Waryono saat ditemui, Senin, 09 Oktober 2017 kemarin.

Hal senada juga diutarakan oleh ketua pelaksana lomba Psychoposter, Nurasmah, Mahasiswa Psikologi FISHUM. Ia berharap adanya partisipasi aktif dari mahasiswa Psikologi. “Semoga dengan adanya kegiatan ini menjadi awal mula mahasiswa Psikologi untuk berkarya nyata. Memaksimalkan potensi yang ada. Ini bukti bahwa mahasiswa Psikologi juga bisa berkarya melalui desain sehingga eksistensi dari mahasiswa Psikologi nantinya akan terlihat. Tidak hanya bisa dalam bidang Psikologi namun punya bakat di bidang yang lain,” Ujarnya. (damar-tri/Fishum)