Prodi Sosiologi Fak. Isoshum Adakan Diskusi NGO

Dalam perjalananya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Indonesia sangat berkembang pesat. Ada banyak LSM di Indonesia yang keberadaanya sudah besar salah satunya adalah ICW, WALHI dan berbagai lembaga swadaya lainnya. Selasa 19 Mei 2015 pukul 09.30 WIB bertempat di Interaktif Center (IC) Prodi Sosiologi mengadakan diskusi lintas angkatan yang terdiri dari angkatan 2012 dan 2014. Diskusi ini sebagai pengganti mata kuliah Sosiologi Pembangunan. Karena pertemuan terakhir materinya tentang NGO/LSM maka Sulityaningsih, S.Sos.,M.SI selaku pengampu mata kuliah mengundang Praktisi yang memang terlibat di LSM.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr. Iswandi Syahputra, M.Si. dalam hal ini menyambut baik kegiatan ini. Karena di Indonesia banyak isu­isu pembangunan yang seringkali menimbulkan konflik di masyarakat. Padahal pembangunan tujuan utamanya adalah untuk kesejahteraan masyarakat. “Saya selaku jajaran dekanat sangat mendukung kegiatan yang seperti ini karena bersifat akademik” , Ungkap Iswandi saat memberikan sambutan sekaligus membuka Kegiatan ini menghadirkan Suryanto, S.Hut Praktisi LSM Aliansi Relawan Untuk Penyelamat Lingkungan (ARuPA). Dalam kesempatan tersebut beliau mengajak seluruh mahasiswa khususnya mahasiswa Prodi Sosiologi untuk bergerak bersama LSM dalam hal mendampingi masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Mahasiswa biasanya banyak ide­ide baru untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat. Walaupun, lanjut Suryanto LSM tidak membuat orang kaya. Tapi LSM adalah lembaga perjuangan bagi orang­orang yang masih memilki idealisme”, ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Rudi Santoso (Mahasiswa angkatan 2012). Ia berharap kedepannya mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (Fishum) banyak bergabung dengan berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dalam hal pembangunan.

“Kedepannya, diskusi kali ini semoga menjadi stimulus bagi teman­teman saya. Utamanya teman­teman angkatan 2012 yang sebentar lagi melaksanakan KKN. Dan setelah usai KKN besok semoga banyak menjadi relawan LSM yang memperjuangkan rakyat”, ungkapnya dengan semangat saat di wawancarai di depan fakultas usai acara diskusi.