Rektor UIN Sunan Kalijaga Melepas 2480 Mahasiswa KKN

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Drs. H. Akh. Minhaji, Ph.D.,melepas 2480 orang mahasiswa KKN, di Gedung Multipurpose kampus setempat, Rabu, 25 Juni 2015. Hadir dalam pelepasan tersebut Ketua LP3M, Dr. Fatimah, MA. dan semua dosen pembimbing.Mereka diterjunkanmengikuti program KKN tematik Posdaya di 9 kecamatan dari 4 kabupaten yakni: Kecamatan Pajangan kabupaten Bantul, Kecamatan Galur Kabupaten Kulonprogo, Kecamatan Kalibawang Kabupaten Kulonprogo, Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo, Kecamatan Panggang Kabupaten Gunungkidul, Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman, Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman dan Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Mereka akan melaksanakan kegiatan KKN selama lebih dari 2 bulan ( 25 Juni- 31 Agustus 2015). Sebelaum diberangkatkan, para mahasiswa KKN ini telah diberi pembekalan selama 3 hari (22-24 Juni 2015).

Dalam sambutan, saat pelepasan tersebut, Fatimah antara lain menyampaikan, Pelaksanaan Kegiatan KKN UIN Sunan Kalijaga ini merupakan KKN Integrasi-Interkoneksi Tematik Posdaya berbasis Masjid, periode III (semester khusus) Tahun Akademik 2014/2015 Angkatan ke 86. Fatimah berharap, agar dalam melaksanakan program – program kerja KKN di semua wilayah, para mahasiswa mengawali pendekatan dengan melihat aset masyarakat, untuk menggembangkan potensi daerah, sehingga bisa memecahkan problem-probelam yang dialami masyarakat. “Inilah pendekatan baru program KKN yang disebut pendekatan ABCD (Assed, Base, Confidences, Development),” kata Fatimah.

Sementara itu, dalam sambutannya mengawali pelepasan KKN secara simbolik, Minhaji antara lain menyampaikan, KKN UIN Sunan Kalijaga kali ini diawali pada bulan Ramadhan, semoga menjadi awal yang lebih baik dalam melaksanakan KKN. Diharapkan, semua peserta KKN bisa menerapkan bekal ilmu yang ditekuni dalam menyelesaikan setiap persoalan yang dialami masyarakat. “Jadi implementasikan dan kembangkan dalam praktek-praktek program kerja, apa yang kalian sudah pelajari dalam Prodi kalian. Tunjukkan Kemampuan akademik, bakat dan ketrampilan untuk membantu masyarakat menyelesaikan masalahnya, “ kata Minhaji. Dengan kerjasama yang baik antar temen dan tim berdasarkan bekal keilmuan yang berbeda-beda, diharapkanakan mampu menyelesaikan setiap persoalan masyarakat secara lebih komprehenship. Selain itu,setiap peserta KKN hendaknya berjuang keras mengimpementasikan kecerdasan otak dan hati. “Buatlah masyarakat terkesan dan selalu terkenang apa yangkalian lakukan selama KKN,” demikian harap Minhaji. (Weni Hidayati-Humas UIN Sunan Kalijaga).