3.762 Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga Ikuti OPAK 2015

3.762 Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga Ikuti OPAK 2015

Sebanyak 3.762 Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga mengikuti Orientasi dan Pengenalan Akademik (OPAK ) 2015. OPAK tahun ini di laksanakan tanggal 20-22 Agustus 2015 dengan mengambil tema “ Menciptakan Generasi Mahasiswa Ulul Albab yang Berpegang Teguh pada Kearifan Liokal dan Berwawasan Global”. Ketua Panitia OPAK 2015, M. Muqronul Faiz, menyampaikan tema ini diangkat dari kegelisahan panitia yang mana di era postmoderisme ini, mahasiswa mampu menjadi generasi ululalbab, generasi yang haus akan ilmu yang disetai dengan pengamalan dan pengabdian, dengan berwawasan global tanpa meninggalkan tradisi-tradisi lokal yang sudah mendarah daging.

“ Pada momentum OPAK 2015 ini, Kami selaku panitia mengaharapkan mahasiswa baru angakatan 2015 bisa menjadikan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai media proses awal untuk generasi ululalbab, generasi yang kreatif, Inovatif dan progresif tanpa melupakan nilai-nilai kearifan lokal. Mahasiswa adalah agent sosial of change dan agent sosial of control, penerus estafet bangsa, penggerak bangsa dan tonggak kemajuan bangsa dan negara”, tutur Muqronul Faiz.

Kegiatan OPAK ini dibuka oleh Wakil Rektor 3 Bidang kemahasiswaan dan kerjasama, Dr. Siti Ruhaini Dzuhayatin, MA., bertempat digedung Multi Purpose UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (20/8). Dalam pembukaan ini Siti Ruhaini mengatakan bahwa Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga tahun 2015 merupakan mahasiswa Pilihan dan berkualitas tinggi.” Kalian adalah 3.762 Mahasiswa yang terpilih dari 49. 492 pendaftar di UIN Sunan Kalijaga tahun 2015. Dengan in put yang berkualitas ini maka kami berharap kelak nanti akan mencetak lulusan yang berdaya saing tinggi yang mampu bersaing dan berkiprah ditingkat nasional maupun internasional. Kalian telah resmi memasuki kampus yang sedang berkembang menuju World Class University (WCU) sudah barang tentu harus siap ditempa secara akademik, skill dan mental agar mampu menyongsong masadepan bangsa dan bersaing dikancah dunia”, tutur Siti Ruhaini.

OPAK kali ini juga dijadikan sebagai sarana pengenalan dan Penampilan kreatifitas dari 17 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (Doni Tri W-Humas).