Menysukuri Kelahiran ke-64 UIN Sunan Kalijaga Canangkan Program Gerakan Ayo Membaca pada Anak dan Bagikan Air Bersih di Panggang Gunung Kidul

Dalam rangka mensyukuri kelahiran ke-64, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan pencanangan Program Gerakan Ayo Membaca dan membagikan air bersih di Panggang Gunung Kidul. Kegiatan acara ceremonial ini digelar di halaman SD Wiloso II desa Giriwungu Kecamatan Panggang, Gunung Kidul, 20 Agustus 2015.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan KKN Tematik Posdaya Integrasi-Interkoneksi angkatan ke-86 di Panggang, Yayasan DAMANDIRI dan Masyarakat Panggang Gunung Kidul. Acara ini dihadiri oleh Prof. Dr. Haryono Suyono Selaku Ketua Yayasan DAMANDIRI, Wakil Rektor 1, Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag., Wakil Rektor II, Dr. Waryono, Ketua LPPM, Dr. Fatimah, Camat Panggang Andi Gunawan S.Sos., dan dihadiri Lurah daerah setempat.

Dalam sambutannya Wakil Rektor 1, Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag., menyampaikan bahwa di era globalisasi, mendorong anak-anak untuk gemar membaca tidaklah mudah, dibutuhkan ketelatenan dan usaha keras serta keteladan agar anak-anak tergerak untuk membaca. Budaya membaca harus selalu kita tumbuhkan pada anak-anak, sebagai tonggak penerus kepemimpinan bangsa. Di era global saat ini, banyak sekali godaan dan gangguan bagi anak-anak untuk membaca, karena terpaan media, baik media televisi, media game dan internet sangat masif dan kuat. Untuk itu kita selaku institusi pendidikan harus mampu mengarahkan dan mengajak anak-anak agar tergerak untuk membiasakan budaya membaca.”Dengan membaca maka akan mengubah pola pikir, pola hidup bahkan akan mengubah nasib menjadi lebih baik. Dengan membaca maka anak-anak akan terispirasi dan menjadi anak yang berwawasan luas sehingga akan tercipta generasi hebat”, tutur Sutrisno.

Haryono Suyono dalam memberikan motivasi kepada anak-anak mengatakakan, anak-anak harus rajin membaca agar menjadi generasi bangsa yang hebat. Membaca bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. “Membaca itu tidak akan ada habisnya, karena akan ada suatu hal baru yang dapat dibaca. Dengan membaca akan membuka wawasan dan cakrawala baru yang dapat menginspirasi anak-anak. Hal yang penting setelah membaca adalah mengamalkan apa yang kita baca pada kehidupan sehari-hari, karena dengan begitu rasa kepercayaan diri dan kemandirian kita”, tegas Haryono Suryono. Terlebih lanjut Haryono Suyono berharap agar Perpustakaan (Taman Baca) jangan hanya dijadikan tempat menyimpan buku saja, tetapi harus jadi tempat yang menginspirasi agar tercipta generasi yang kreatif, Inovatif,dan cerdas.

Adi Gunawan, S. Sos, Selaku Camat Panggang, mengucapkan banyak terimakasih kepada Yayasan DAMANDIRI, UIN Sunan Kalijaga dan Mahasiswa KKN UIN Suka yang telah memberikan perhatian dan bantuan yang sangat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat.

Bantuan sebanyak 80 tanki diserahkan secara simbolik kepada Camat Panggang yang kemudian akan dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu sehingga menutupi kebutuhan air bersih di musim kemarau. (Doni Tri W-Humas)

Berita Terkait