Pembukaan Pelatihan Keterampilan Manajemen Bagi Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga

Prof. Dr. H. Machasin, MA, didampingi WR 3 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr. Siti Ruhaini Dzuhayatin, MA

Yogyakarta- Di era globalisasi seperti saat ini dimana organisasi dituntut untuk terus melakukan kegiatan yang kreatif dan inovatif secara optimal guna mencapai tujuan, sehingga organisasi tetap bisa unggul. Untuk peningkatan kemampuan ketrampilan bagi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta diadakan pelatihan manajemen agar bisa mengelola organisasi secara baik.

Manajemen mempunyai dua fungsi, yaitu fungsi ke atas ke bawah (vertikal) dan horisontal. Manajemen ke atas ke bawah seperti memanaj waktu, kerja, pikiran kalau tidak memikirkan manajemen bisa kemana-mana pikirannya, kita bisa memanaj diri sendiri (vertikal). Sedangkan fungsi manajemen horisontal yaitu menejemen dengan orang lain bagaimana mengurus atau mengatur kerja usaha bisa mencapai tujuan. Kalau kita bekerja dengan orang lain minimal dua orang itu sudah merupakan organisasi (horisontal). Ahlai Manajemen terkenal sejak awal abad ke-7 Henri Fayol membuat ada 14 prinsip manajemen dalam perusahaan yaitu 1. Membagi kerja, 2. Kewenangan dan tanggungjawab, 3. Disiplin dan kepatuhan, 4. Kesatuan perintah, 5. Kesatuan arah, 6. Mengutamakan urusan bersama diatas urusan pribadi, 7. Imbalan sesuai tugas dan tanggung jawab, 8. Sentralisasi, 9. Mata rantai tanggung jawab, 10. Orde/ketertiban, 11. Perlakuan bersdama, 12. Stabilitas pegawai, 13. Inisitif, 14. Semangat sejiwa ujar Pgs Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta saat membuka Pelatihan Keterampilan Menajemen bagi Pengurus UKM UIN Sunan Kalijaga yang dilaksanakan bertempat di ruang Pertemuan PAU lantai 1 UIN Sunan Kalijaga, Jum’at (30/10/215).

Beliau juga menambahkan bahwa hal itu terkait dengan pelatihan manajemen seperti ini sangat penting, semua yang kita miliki bisa dijadikan modal dalam manajemen mewujudkan cita-cita UKM tidaklah ringan, bahkan tidak sedikit rintangan yang menghalang, untuk itu dibutuhkan keberanian dan kekuatan untuk melakukan perbaikan dan pembenahan. Lebih lanjut juga dijelaskan bahwa dengan diselenggarakan pelatihan ini bagi Pengurus UKM UIN Sunan Kalijaga ini merupakan saat yang tepat untuk melakukan refleksi dan introspeksi diri demi tercapainya cita-cita organisasi.

Disampaikan juga oleh Pgs. Rektor UIN Sunan Kalijaga, peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 160 orang yang terbagi dalam dua angkatan, dengan didukung para pelatih dari UIN Sunan Kalijaga seperti Dr. Iswandi, Dr. Abdur Rozaki, Dr. Siti Ruhaini Dzuhayatin, MA juga dari luar UGM Dr. Senawi Wakil Rektor 3, Wakil rektor 3 UNY, dan Wahid Hasyim selama 3 hari akan memberikan pelatihan kepada peserta.

Pembukaan Pelatihan Keterampilan Manajemen bagi Pengurus UKM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dihadiri oleh Wakil Rektor III, Kepala Bagian Kemahasiswaan beserta beberapa staf pada Bagian Kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. **(uDin-Humas)*