Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Raih Juara III Kompetisi Nasional Sidang Semu Mahkamah Konstitusi RI

Tim Fak. Syariah & Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Yogyakarta (25/11), Dalam final kompetisi Nasional Sidang Semu Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berhasil meraih juara ke-III. Di kategori lain, juga meraih Juara kategori Ahli Terbaik, sehingga Tim Lomba Sidang Semu Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mendapatkan dua piala yaitu Piala Juara III dan Piala Juara Kategori Ahli Terbaik.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antara MK RI dengan Universitas Tarumanegera Jakarta, berdasarkan MOU yang ditandatangani bersama oleh Ketua MK RI dan Rektor Universitas Tarumanegara Jakarta pada tanggal 12-16 November 2015dengan memperrebutkan piala bergilir Ketua MK yang diikuti oleh 12 Fakultas Hukum dari Universitas-Universitas se-Indonesia. Dari Yogyakarta selain UIN Sunan Kalijaga juga diikuti oleh Universitas Gajah Mada dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,

Kegiatan dimulai dengan pembukaan dan seminar yang dilaksanakan pada 13 November 2015, di Fakultas Hukum Universitas Tarumanegara Jakarta dan dihadiri oleh Ketua MK RI dan para hakim MK RI, dan jajaran pengurus Yayasan dan Rektorat serta Dekatan Fakultas Hukum Universitas Tarumanegara. Para peserta lomba dan dosen pendamping dari 12 Universitas se-Indonesia sebagai peserta kompetisi juga hadir dalam kesempatan ini.

Perlombaan dimulai tanggal 14 november 2015 di gedung MK RI. Tim lomba Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada babak penyisihan bertemu dengan tim lomba dari Universitas Pancabakti Kalimantan Barat. Pada babak penyisihan ini kompetisi dibagi dalam 3 group dan masing-masing group terdiri dari 4 Universitas serta terbagi dalam dua pertandingan. Dalam group yang diikuti oleh tim UIN Sunan Kalijaga ini terdiri dari empat universitas, yaitu di sesi lain Universitas Sumatera Utara bertanding dengan Universitas Islam Alaudin Makasar. Dari dua sesi pertandingan dalam satu group ini akan dicari tim dengan nilai tertinggi, dan akhirnya tim Fakultas Syariah dan Hukum UIJ Sunan Kalijaga tampil sebagai pemanang dalam group yang berhak maju dalam final kompetisi ini.

Dari 2 group yang lain diperoleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Trisakti Jakarta sebagai pemenang grup yang akan tampil dalam final. Sehingga, final ini menjadi full kompetisi yang masing-masing akan bertanding satu sam lain. Dalam sesi pertama tim UMY bertemu dengan tim Universitas Trisakti, dan berikutnya tim UMY bertemu dengan tim UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan terakhir tim UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bertemu dengan tim Universitas Trisakti Jakarta.

Menurut Dosen Pembimbing, Dr. Sri Wahyuni, M.Ag, M.Hum, dari perlombaan ini dapat diambil pelajaran bahwa ini merupakan kali pertamanya tim Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengikuti kompetisi moot court atau sidang semu Konstitusi, dan baru tahun ini pula MK RI menyelenggarakan kegiatan ini.

“Tim UIN ini merupakan tim debat yang biasa tampil dan menang dalam Kompetisi Debat Konstitusi MK RI, sehingga mereka menguasai retorika, teori-teori serta materi terkait dengan tema yang ditetapkan. Dengan hasil itu, wajar lagi jika tim ini mendapatkan Juara Kategori Ahli terbaik. Namun, di sisi lain, penguasaan praktik persidangan tim ini kurang berpengalaman, sehingga ke depan, perlu diperkuat di sisi tehnik ini. semoga ke depan tim Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta lebih baik,” ujarnya.**(uDin-Humas)