UIN Suka Mengadakan Sosialisasi Pengisian PDSS 2016

UIN Sunan Kalijaga sebagai Panitia Nasional SNMPTN-2016 melaksanakan sosialisasi dan pendampingan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) di gedung PAU UIN Sunan Kalijaga, Jumat (29/1). Kegiatan ini diikuti oleh guru perwakilan sekolah SMA/MA/SMK se-Kota Yogyakarta, baik yang ada di lingkungan Kanwil Kemenag dan Dinas Pendidikan DIY.

Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag Wakil Rektor Bidang Akademik mengatakan, peran sekolah dalam mengisi PDSS sangat diperlukan. Karena tahun ini seleksi SNMPTN untuk masuk perguruan tinggi negeri menggunakan data siswa dan sekolah yang diinputkan ke sistem PDSS. “Tugas sekolah adalah memasukkan semua data siswa kelas 12 ke PDSS, dan sistem akan memverifikasi untuk perangkingan” tutur Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag saat memberi sambutan.

Ia menambahkan pengalaman tahun lalu sekolah tidak mengisi PDSS pada awal jadwal yang ditentukan, kebanyakan mereka mengisi data pada sistem PDSS menjelang akhir penutupan. Sehingga sistem menjadi krodit karena terlalu banyak data yang masuk secara bersamaan.“ Mestinya jika data sekolah sudah siap bisa langsung diisi, kalau ada permasalahan bisa konsultasi ke UIN” kata Sutrisno.

Sementara itu ketua Admisi UIN Suka Dr.Casmini menuturkan, forum ini terbuka untuk sharing terkait persoalan-persoalan mengenai PDSS. Dan UIN Sunan Kalijaga akan selalu mendampingi sekolah di wilayah Kota pada SNMPTN tahun ini.

Ketua PTIPD Dr. Agung Fatwanto menyatakan akan selalu mendampingi apabila ada persoalan-persoalan pada saat pengisian PDSS dan pendaftaran SNMPTN. Ia berpesan agar sekolah mengingatkan anak didiknya untuk tidak tergesa-gesa memverifikasi sebelum data dirasa benar.

Persoalan-persoalan yang tidak bisa ditangani oleh pendamping PTN untuk ke help desk dan call centre agar langsung tertangani. Untuk konsultasi di UIN bisa menghubungi PTIPD di nomer 0274-556955.(ch-Humas)