4 PTN Yogyakarta Sosialisasikan SNMPTN Secara Live di Jogja TV

Yogyakarta- (17/02) 4 PTN di Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta dan UPN Veteran Yogyakarta adakan sosialisasi secara live di Jogja TV. Turut hadir sebagai pembicara Drs. Wardan Suyanto, M. Ed. (Wakil Rektor 1 UNY), Dr. Casmini, M.Si. (Ketua Admisi UIN Suka),Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM Dr. Agr. Ir. Sri Peni Wastutiningsih dan Ir. Nur Indriati, MT. DEg.IPM (Wakil Rektor 1 UPN Veteran).

Wardan Suyanto menjelaskan bahwaSNMPTN dilakukan oleh masing?masing PTN menggunakan sistem nasional terpadu berdasarkan hasil penelusuran prestasi sekolah dan prestasi akademik siswa baik dalam bentuk rapor maupun portofolio akademik yang lain. Minimal 40% kuota daya tampung setiapprodidiPTN. SNMPTN diikuti 78 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalamsuatusistem yang terpadu dan diselenggarakansecaraserentak.BiayapelaksanaanSNMPTNditanggungolehPemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya seleksi. Peserta SNMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi yang diterima di PTN berpeluang mendapatkan bantuan biaya pendidikan selama masastudi melalui program Bidikmisi. Adapun tata caramengikuti SNMPTN dilakukanmelaluitigatahap, yaitu (1) pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi olehsiswa, (2) pemeringkatan, dan (3) pendaftaran SNMPTN oleh siswa.

Sri Peni Wastutiningsih mengatakan bahwa hal yang harus diperhatikan adalah pada saat melakukan entri PDSS yang manaKepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mengisi data sekolah dansiswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mendapatkan passwordyang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi. kemudianSiswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah denganmenggunakan NISN dan password.Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilairapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolahmaka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktuverifikasi berakhir.Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui lamanhttp://www.snmptn.ac.id. sedangkanInformasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui http://halo.snmptn.ac.id, dancall center 08041 450 450.

adapun rincianJadwal SNMPTN 2016

Pengisian dan Verifikasi PDSS 18 Januari—20 Februari 2016

Pendaftaran SNMPTN 29 Februari—12 Maret 2016

Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN 22 Maret—21 April 2016

Proses Seleksi 24 Maret—8 Mei 2016

Pengumuman Hasil Seleksi 10 Mei 2016

Dr. Casmini selaku Ketua admisi UIN Suka menambahkan untuk daya tampung tiap perguruan berbeda-beda adapun rincianya yaitu:

1. UNY: 5.055

2. UGM: 6.622

3. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: 3.390

4. UPN Veteran Yogyakarta: 2.650

dengan alokasi Daya Tampung SNMPTN 2016 adalah 40% dari total kuota. (Doni-Humas)