24 Prodi Agama UIN Sunan Kalijaga Ikuti SPAN-UM PTKIN

Peserta guru dari SMA, SMK dan MA mengikuti Sosialisasi Jalur SPAN-UM PTKIN

“Siswa SMA/SMK/ MA/ MAK ataupun Pesantren Muadalah yang lulus tahun 2015/2016 dan berminat mendalami ilmu keislaman dapat mengikuti PMB jalur SPAN-UM PTKIN ini. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 9 Maret sampai 30 April 2016 dan seleksi akan dilaksanakan dari 6-19 Mei 2016 untuk pengumuman pada 23 Mei 2016, ada 24 Program Studi keagamaan yang disediakan untuk jalur ini” kata Sutrisno.

Demikian pernyataan Prof. Dr. Sutrisno, M.A Wakil Rektor UIN Sunan Kalijaga, dalam Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN-UM PTKIN di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga, yang diikuti oleh guru dari perwakilan SMA/SMK/MA/MAK ataupun Pesantren Muadalah di DIY, Kamis (25/2) kemarin.

Prodi keagamaan UIN Sunan Kalijaga yang ikut SPAN-UM PTKIN antara lain Bahasa dan Satra Arab, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Konseling Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Manajemen Dakwah, Hukum Keluarga, Perbandingan Madzab, Hukum Tatanegara, Hukum Bisnis Syariah, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru MI, Pendidikan Guru RA, Filsafat Agama, Perbandingan Agama, Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Sosiologi Agama, Ilmu Hadis, Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Keuangan Syariah dan Akuntasi Syariah.

Sutrisno menambahkan, jalur SPAN-PTKIN memberi kesempatan bagi peserta didik berprestasi untuk dapat memperoleh pendidikan tinggi di UIN/IAIN/STAIN menggunakan nilai rapor dan piagam prestasi yang diraih siswa. Saat ini kuota yang diberikan UIN Sunan Kalijaga jalur SPAN-PTKIN berjumlah 1028, sedangkan jalur UM-PTKIN berjumlah 618.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga(Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kadarmanto Baskara Aji menuturkan, pihak sekolah juga harus bisa membantu, memberi sosialisasi dan mengarahkan siswa-siswinya sesuai minat dan bakat. Menurut dia, jangan sampai ada kejadian tidak masuknya siswa ke PTN dikarenakan ketidaktahuan informasi.

Mengingat waktu pengisian PDSS dan pendaftaran SPAN-PTKIN tahun 2016 telah dimulai, maka dihimbau kepada sekolah-sekolah untuk segera melakukan pengisian PDSS. Bagi siswa, dihimbau mempersiapkan NISN dan menentukan pilihan prodi, serta bersiap mendaftarkan diri secara on-line via http://span-ptkin.ac.id