Kejurnas Karate Sunan Kalijaga Cup X

Para pemenang menerima mendali dalam Kejurnas Karate Sunan Kalijaga Cup X

Sebanyak 65 kontingen se-Indonesia ikut ambil bagian dalam Kejurnas Karate Sunan Kalijaga Cup X yang berlangsung 18 sampai 20 Maret 2016 di Gelanggang GOR Amongrogo Yogyakata. Pertandingan digelar oleh unit kegiatan mahasiswa (UKM) INKAI Sunan Kalijaga Yogyakarta.

“Kejurnas tahun ini agak berkurang dari segi peserta, dari tahun kemarin yang mencapai kurang lebih 1100 atlet dari 93 kontingen. Karena banyak kejuaraan serupa diselenggarakan pada waktu yang berdekatan” kata Mansur Ketua UKM INKAI UIN Sunan Kalijaga.

Mansur menambahkan, Kejuaraan Nasional Karate Sunan Kalijaga Cup X merupakan kejuaraan karate tingkat nasional dan salah satu kejuaraan terbesar di Indonesia. Kompetisi ini diadakan dalam rangka menambah jam terbang para karateka dan pembibitan atlet berbakat, yang dilandasi dengan sportivitas dan sumpah karate yang selalu menjadi bagi setiap karateka dalam menapaki hidup.

Hasil akhir perlombaan juara umum pertama diraih Forki Lampung dengan perolehan mendali 10 emas 9 perak 4 perunggu. Juara umum kedua UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyabet 6 emas 1 perak 13 perunggu, dan juara umum ketiga Universitas Negeri Sebelas Maret memperoleh 4 emas 2 perak 6 perunggu.

Sementara kategori karateka terbaik diraih Marzella Sekar Damayanti dari PSB Banten, karateka favorit oleh Jelita Yasria dari Jambi, Best Of the Best Putraoleh Fidila dari Universitas Tadulako, dan Best Of the Best Putridisandang oleh Yosinta dari Universitas Negeri Yogyakarta.

Kemudian Wasit Favoritdianugrahkan kepada Wening Nur Ati dari DKI Jakarta, Juri Favorit disandang oleh Nurhayati dari Jawa Timur, Karateka Tertua oleh Ami Launsu dari Raja Ampat (36 TAHUN), dan Karateka Termuda diberikan kepada Abdur Rahman dari PSB Banten (13 TAHUN).(ch/humas)