Silaturahmi Direktorat Afrika Ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Yogyakarta-(23/03) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terima Kunjungan Silaturahmi dari Direktorat Afrika Kementerian Luar Negeri RI bertempat di Ruang Pertemuan Gedung Pusat Administrasi Umum. Kunjungan disambut langsung oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kelembagaan dan Kerjasama, Dr. Siti Ruhaini Dzuhayatin, M.A., Direktur Pascasarjana, Prof. Noorhaidi Hasan, Ph.D, dan Kepala Biro AAKK, Drs. Maskul Haji, M.Pd.I. Adapun dari direktorat Afrika diwakili oleh Direktur Afrika Kemenlu RI, Lasro Simbolon dan Kasubdit Ekubang, Aris Munandar.

Silaturahmi ini bertujuan untuk membahas kerjasama antar lembaga terkait dalam bidang pendidikan. Lasro Simbolon menyampaikan bahwa seiring dengan meningkatnya perekonomian sub sahara terdapat tren peningkatan minat mahasiswa afrika untuk belajar diluar negeri khususnya di negara Indonesia. Selain itu sejumlah negara Afrika telah menyatakan keinginan untuk dapat bekerjasama dalam bentuk pendidikan baik dalam kerangka G-to-G maupun U-to-U. Selain itu kunjungan ini juga bermaksud untuk menjajaki dan memetakan Program studi apa saja yang bisa dibawa untuk bekerjasama.

Menanggapi hal tersebut, Ruhaini menyambut baik niat baik dari Direktorat Afrika. Kerja sama sangat mungkin dilaksanakan antar kedua lembaga terkait memajukan dunia pendidikan yang lebih maju, terutama nya untuk mengenalkan Islam sebagai ajaran yang Rahmatan Lil ‘alamin. UIN Sunan Kalijaga sudah banyak melakukan kerjasama serupa dengan berbagai negara seperti, German, Amerika, Iran, Arab Saudi, Malaysia dan Thailand. Sudah barang tentu besar kemungkinan diadakan kerjasama antara UIN Sunan Kalijaga dengan Negara Afrika dengan pembahasan MoU lebih lanjut. (Doni TW-Humas)