Pemikiran Raja Ali Haji Jadi Karya Disertasi

Ketidakadilan adalah sikap buruk manusia. Sifat yang mengancam kesejahteraan, ketentraman masyarakat. Karena masalah yang menyangkut harkat dan martabat manusia. Apalagi jika dikaitkan dengan kepemimpinan, akan menjadi problem krusial yang mesti cepat diselesaikan.

Melihat problematika tersebut dosen UIN Sultan Syarif Kasim Riau Dr. Rina Rehayati, M.Ag terinspirasi untuk mengkaji konsep keadilan dalam kitab Samrah Al-Muhimah menjadi karya disertasi sebagai syarat memperoleh gelar doktor. Kitab itu merupakan karangan Raja Ali Haji yang ditulis dengan aksara Arab Melayu (1808-1873 M).

Rina Rehayati menerangkan pemikiran Raja Ali Haji, dalam pemilihan raja dan para pembesar istana perlu diperhatikan kredibilitasnya. Adil merupakan syarat kredibilitas raja dan pembesar istana. "Adil juga dimaknai sebagai kepedulian raja dan pembesar istana terhadap hak dan kewajiaban rakyat" kata Rina saat presentasi di Aula Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Selasa (26/7).

Dalam presentasi di depan anggota tim ujian terbuka promosi doktor yang dipimpin Rektor UIN Sunan Klaijaga Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. Presentasi Rina mendapat apresiasi dari tim penguji sehingga dari hasil sidang terbuka mendapat nilai Sangat Memuaskan dan berhak menyandang gelar Doktor dalam Ilmu Agama Islam. Rina merupakan lulusan sekolah Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga yang mendapat gelar doktor ke 515. (ch/Humas UIN Suka)