UIN SUNAN KALIJAGA RESMI MENJADI ANGGOTA ASOSIASI AUN-QA

Bulan Juli 2016 UIN Sunan Kalijaga resmi menjadi anggota asosiasi dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Serifikat keanggotaan telah ditandatangan oleh Executive Director Prof. Nantana Gajaseni, Ph.D di Bankok Thailand. Keikutsertaan UIN Sunan Kalijaga dalam AUN-QA adalah sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi ungkap ketua LPM Fachri Husain.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tidak serta merta mendapat sertifikat AUN akan tetapi melaului proses panjang yang dilakukan tim LPM dan melibatkan seluruh civitas akademika UIN Sunan Kalijaga. Hal ini dilakukan sejak mengikuti focus group discusion tentang pemahaman kriteria dan pengisian dokumen pendukung Asean University Network (AUN), training AUN-QA di Bankok, dan penyusunan self assesment report (SAR).

Sedangkan FGD tentang pemahaman dan pengisian dokumen yang dilaksanakan pada bulan Nopember 2015, dengan nara sumber Leni Sophia Heliani, Ph.D asesor AUN dari UGM yang memaparkan hal yang harus dipenuhi untuk menuju AUN-QA, antara lain menulis self evaluation report, berjalannya audit mutu internal, audit mutu eksternal dan akreditasi nasional.

Dan AUN juga memfasilitasi pertukaran mahasiswa dan budaya yang menjadi anggotanya. Selain juga berbagai short course and program development yang diadakan. Hal ini untuk memberikan pemahaman dan kesamaan pandangan diantara perguruan tinggi yang ada di ASIA terkait mutu pendidikan tinggi ungkap ketua LPM

Terkait keikut sertaan UIN Sunan Kalijaga sebagai asociate member pada Asean University Network - Quality Asurance (AUN-QA) bulan Februari 2016 lalu LPM juga telah menyelenggarakan koordinasi penyusunan self assesment report (SAR) untuk program studi Pendidikan Kimia pada Fakultas Sains dan Teknologi dan program studi Pendidikan Agama Islam pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan imbuhnya menutup wawancara. (rtm)