UIN Sunan Kalijaga Tanam Seribu Pohon

Rektor UIN Sunan Kalijaga menanam pohon di desa Wonokerto

Penanaman pohon dapat mengurangi dampak pemanasan global, karena dengan kemampuannya pohon dalam menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab terjadinya pemanasan global, sedangkan dari sekian banyak manfaat lainnya pohon adalah manfaat hidrologis, maksudnya bahwa tanaman pada dasarnya akan menyerap air hujan. Dengan demikian, banyaknya kelompok pohon-pohon yang ditanam akan menjadikan daerah tersebut sebagai daerah resapan/persediaan air tanah yang dapat memenuhi kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya

Demikian dikatakan oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA. Ph.D. dalam sambutannya pada acara penamaman seribu pohon yang dipusatkan di Dusun Tunggularum, Desa Wonokerto, Kabupaten Sleman, dihadapan sekitar tujuh ratus mahasiswa peserta KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Angkatan ke-90 pada hari Senin, tanggal 22 Agutus 2016

Dengan adanya kepedulian kita untuk menanam pohon berarti juga kita mempunyai kepedulian terhadap penyelamatan alam, sedangkan penyelamatan alam merupakan salah salah satu tindakan jihad. Demikian Yudian menambahkan.

Acara penanaman seribu pohon yang merupakan satu rangkaian acara dengan penarikan mahasiswa peserta KKN UIN Sunan Kalijaga Angkatan ke-90, peserta KKN juga melalui wakilnya berkenan memberikan kenang-kenangan berupa buku Tanaman Obat Keluarga (TOGA) kepada Rektor dan Kepala Desa Wonokerto.

Secara simbolis, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga berkesempatan menanam pohon yang selanjutnya diikuti oleh Ketua LPPM UIN Sunan Kalijaga Dr. Phil. Al-Makin yang dilanjutkan oleh para perangkat dari daerah setempat, demikian juga para mahasiswa peserta KKN diwajibkan masing-masing peserta setidaknya harus menanam satu pohon.

Penanaman seribu pohon yang dilaksanakan di Dusun Tunggularum tersebut juga merupakan salah satu rangkaian kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada dalam program pemetaan wilayah yang menjadi penyangga kebutuhan air di Daerah Istimewa Yogyakarta.(humas)