Sosialisasi Sistem Informasi Akademik (SIA) Kepada Mahasiswa Baru

Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di dunia pendidikan kian terasa manfaatnya sekarang. Mulai pendaftaran mahasiswa baru berbasis online, sampai pembayaran uang kuliahbisa dilakukan di dunia maya. Mahasiswadipermudah dalam menentukan matakuliah yang akan dilaksanakan. Institusi pendidikan lebih ringan dalam mengelola administrasi. Begitu juga orang tua bisa melakukan pengawasan prestasi akademikanaknya lewat internet.

Untuk mendukung proses perkuliahanmahasiswa baru, UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan sosialisasi Sistem Informasi Akademik (SIA) di Convention Hall. Kegiatan diselenggarakan oleh Bagian Akademik bekerjasama dengan Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN Sunan Kalijaga, yang diikuti oleh3.794 mahasiswa, Kamis-Jum'at(25-26/8).

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag menuturkan, untuk sukses belajar perguruan tinggi perlu blue print menuntut ilmu di kampus. Mahasiswa S1 diupayakan lulus dengan masa studi 3,5 tahun dengan nilai prestasi akademik sangat memuaskan. " Anda harus bisa merancang rencana hidup untuk belajar di kampus, dan mampu menolak faktor yangmenggagalkan mimpi yang sudah dicanangkan" tutur Sutrisno.

Plt.Kabag Akademik Dra. Parti. mengatakan, evaluasi hasil studi mahasiswa di kampus UIN dilakukan sebanyak tigakali. Pada semesterempat mahasiswa diharuskan lulus 30 sistem kridit semester (SKS)dengan indeks kumulatif terendah 2,0 dan nilai terendah C. Kedua semester delapan lulus 80% dari minimal 100 SKS, dan ketiga pada semester 14 mahasiswa wajibmenempuh 144-150 SKS tergantung pada prodi masing-masing. Jika mahasiswa tidak melewati itu semua, mereka akan terkena sanksi Droup Out (DO).

Pengurus PTIPD UIN Sunan Kalijaga Mutmainnah, M.Cs. menambahkan, mahasiswa baru akan diberi satu akun website yang berlaku untuk update diri selama menjadi mahasiswa. Portal ini menyangkup riwayatmahasiswa selama masa perkuliahan. Mulai data pribadi mahasiswa, pembayaran, jadwal perkuliahan, evaluasi pembelajaran, Kuliah Kerja Nyata, Kuliah Praktek, tugas akhir, beasiswa & kegiatan, training & sertifikasi, penelitian & pengabdian, yudisium & wisuda.

"Di akun pembayaran orang tua bisa mengecek rincian besarnya biaya perkuliahan secara online. Selain itu bisa memantau prestasi akademis anaknya.Nantinya orang tua/wali mahasiswaakan diberi akun agar bisa dilihat dari rumah masing-masing" ucap Mutmainnah. (ch/humas)